5 Tahun, Warga Kemanggisan Tersiksa Bau Sampah

Sumber:beritajakarta.com - 3 Juni 2013
Kategori:Sampah Jakarta

Sudah lima tahun terakhir warga yang bermukim di wilayah RT 001/05, Kelurahan Kemanggisan, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat tersiksa oleh bau busuk sampah yang terdapat di Jalan H Saili Ulung. Kondisi itu semakin diperparah dengan banyaknya gerobak sampah yang diparkir di lokasi tersebut, sehingga kawasan itu menjadi semrawut dan sulit dilintasi kendaraan bermotor.

Maksum (50) warga setempat mengatakan, keberadaan Tempat Penampungan Sampah (TPS) di jalan itu sudah berlangsung lebih dari lima tahun. Keberadaan bak sampah itu bukan hanya menampung sampah dari wilayah RW 05. Tapi juga sampah warga RW lain, termasuk warga RW 06 yang berbatasan dengan lokasi TPS tersebut.

Dengan banyaknya RW yang membuang sampah, baknya pun jadi cepat penuh. Bahkan tak jarang, sampahnya sering berceceran ke jalan. Belum lagi dengan keberadaan gerobak sampah yang diparkir sembarangan, makin membuat lingkungan semrawut. Padahal, jalan tempat parkir gerobak tersebut, merupakan jalan alternatif menuju Jalan Kemanggisan Ilir 4 dan Kemanggisan Utama.

"Warga mohon agar keberadaan TPS tersebut dipindahkan. Kalau pun tidak dipindahkan, kiranya sampah rutin diangkut dan tidak dibiarkan menumpuk hingga berserakan ke jalan,” pintanya, Senin (3/6).

Kepala Seksi Penanggulangan Sampah Sudin Kebersihan Jakarta Barat, Made Indrayasa menuturkan, pihaknya sesuai aturan rutin mengangkut sampah dari lokasi tersebut seminggu dua kali. Sedangkan perihal banyaknya sampah yang menumpuk hingga berceceran sampai ke jalan, ia menduga disebabkan ulah para pemulung yang setelah mengais sampah di bak tersebut dibiarkan berserakan.

“Kami rutin melakukan pengangkutan sampah di lokasi tersebut, terkadang atas permintaan warga kalau sudah menumpuk pengangkutan bisa dilakukan tiga kali dalam seminggu. Kita tadi telah mengecek ke lokasi, dan langsung menertibkannya,” tandasnya.



Post Date : 05 Juni 2013