Droping Air Bersih Sentuh 71 Desa

Sumber:krjogja.com - 28 Sept 2014
Kategori:Air Minum
Air bersih terus disalurkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kebumen.Droping air bersih sudah menyentuh 71 desa yang mengalami kesulitan air bersih di musim kemarau tahun ini.

"Droping air bersih untuk satu desa diberikan seminggu sekali. Kalau seminggu dua kali, sepertinya belum bisa dilakukan karena keterbatasan sarana dan prasarana," jelas Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Kebumen, Muhyidin, bersama Kepala Seksi Kedaruratan, Arif Rahmadi, Minggu (28/09/2014).

Di banyak desa, droping air bersih dilakukan dengan menuang air bersih dari tangki ke ember dan wadah lainnya. Cara seperti itu berisiko kehilangan air bersih cukup tinggi. Menurut Muhyidin, dari satu tangki isi 5.000 liter, air bersih yang terbuang percuma bisa mencapai 10 persen."Air terbuang percuma saat mengisi ember yang satu ke ember yang lain, serta terbuang akibat luber," ujar Muhyidin.

Menurutnya, yang paling efektif dan efisien, air dari tangki dituang ke dalam tandon. Namun tidak semua lokasi droping ada tandonnya.


Post Date : 29 September 2014