PPSP di Sitaro Masuk Tahapan Penyusunan SSK

Sumber:suarasulut.com - 5 Maret 2013
Kategori:Sanitasi
Tahapan demi tahapan dalam rangka pelaksanaan program Percepatan Pembangunan Sanitasi Permukiman (PPSP) terus digenjot pemerintah daerah.

Setelah proses penyusunan buku putih yang menjadi salah satu tahapan pelaksanaan PPSP, kini Pemkab Sitaro melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) berencana melakukan penyusunan buku Startegi Sanitasi Kabupaten (SSK).

Demikian diungkapkan Kepala Bappeda Sitaro Drs Denny Kondoj MSi pada sejumlah wartawan, Senin (04/03) kemarin.

“Saat ini, pemerintah daerah akan fokus pada penyusunan buku SSK. Ini merupakan salah satu tahapan dalam rangka pelaksanaan program PPSP di Sitaro,” ungkap Kondoj.

Dijelaskan mantan jubir Pemkab Sitaro itu, proses penyusunan SSK itu sendiri masih akan melibatkan sejumlah SKPD terkait. Sebab ada banyak kajian yang nantinya harus dilakukan dalam proses penyusunan buku tersebut.

“Mudah-mudahan akhir maret penyusunannya sudah selesai dan dilaporkan kepusat, karena program ini merupakan program yang berkelanjutan bukan hanya tahun ini tapi pada tahun tahun selanjutnya dan ini merupakan keunggulan bagi pemerintah yang mau mendapatkan program tersebut,” jelasnya.

Lanjutnya, masih rendahnya kesadaran dan ketidaktahuan masyarakat akan pentingnya sanitasi dan juga prilaku hidup bersih menjadi kendala tersendiri yang di hadapi.

Untuk itu, berbagai upaya seperti pelaksanaan kampanye serta sosialisasi terus dilakukan guna susksesnya program tersebut.

“Saya pun sangat berharap program ini dapat berjalan secara berkesinambungan, serta dalam pelaksanaannya tercipta suatu sistem yang terintegritas, sehingga sasaran dapat tercapai secara menyeluruh terhadap tahapan-tahapan prosesnya,” pungkas Kondoj.

Program itu sendiri berawal ketika Kabupaten Sitaro terpilih menjadi salah satu dari 7 Kabupaten/Kota di Sulawesi Utara yang menerima program PPSP, oleh pemerintah pusat.

Proses panjang pun dilalui sejak tahun 2011 dengan melalui sejumlah tahapan.

Setelah sebelumnya pihak Bappeda bersama sejumlah SKPD terkait melakukan penyusunan buku putih, kini proses pelaksanaan program PPSP berkelanjutan dengan penyusunan SSK dengan memalui sejumlah kajian penting, diantaranya tentang sanitasi, limbah, persampahan dan MCK serta air bersih.

Post Date : 05 Maret 2013