Draft Strategi Sanitasi Kabupaten Rembang

Penerbit:Rembang: Kelompok Kerja (Pokja) Sanitasi Kabupaten Rembang, 2010; ix, 147 hal + tabel + gambar
No. Klasifikasi:363.725.983.317 DRA
Kata Kunci:Strategi Sanitasi, Kabupaten Rembang, Air Limbah, Perasmpahan, Drainase, PHBS
Lokasi:Perpustakaan Pokja AMPL. Telepon 021-31904113
Kategori:Buku

Sanitasi lingkungan berkaitan erat dengan kesehatan lingkungan dan dapat memberikan efek terhadap kualitas kesehatan bagi masyarakat.  Tujuan yang diharapkan dari pengelolaan sanitasi di Kabupaten Rembang adalah agar kondisi wilayah menjadi aman dari segala bentuk gangguan pencemaran dan penyakit serta tercipta lingkungan yang nyaman sebagai tempat tinggal. Kondisi lingkungan yang sehat tentunya akan berdampak pada masyarakat yang sehat pula.  

Strategi air limbah akan melalukan penataan akses pelayanan air limbah baik melalui sistem on site maupun off site di perkotaan dan perdesaan, peningkatan pembangunan pembiayaan sanitasi, meningkatkan peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan pengembangan sistem pengelolaan air limbah dan perubahan perilaku masyarakat untuk hidup bersih dan sehat.  

Sedangkan strategi sektor persampahan meliputi peningkatan dan pembangunan sarana dan prasarana TPA secara terpadu di beberapa kawasan wilayah, peningkatan peran serta masyarakat  melalui pendekatan 3R dalam pengelolaan sampah ramah lingkungan dan pengalokasian dana untuk pengembangan 3R baik dari pemerintah pusat, provinsi, kabupaten maupun swasta.  

Sementara itu strategi drainase lingkungan mencakup peningkatan sarana drainase, peningkatan keterpaduan perencanaan pembangunan saluran drainase kota dengan perencanaan ruang kota, dan peningkatan dana untuk perbaikan dan pembangunan saluran drainase baik dari pemerintah pusat, provinsi, kabupaten maupun swasta. 

Untuk strategi peningkatan hiegenitas yang dapat dilakukan adalah penciptaan sanitasi dan hiegenitas lingkungan untuk meminimalisir endemik penyakit dan penyebaran penyakit menular, meningkatkan lingkungan yang bersih dan sehat melalui pengoptimalan kemitraan dan peningkatan kesadaran masyarakat, penguatan Kampanye Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada masyarakat dalam melestarikan dan menjaga kebersihan lingkungan.

 

 



Post Date : 31 Oktober 2012