RW di Kota Tangerang Daur Ulang Sampah Sendiri

Sumber:republika.co.id - 28 April 2014
Kategori:Sampah Luar Jakarta
Setiap RW di Kota Tangerang, Banten, mulai menerapkan pengelolaan sampah secara mandiri, kata Ketua Paguyuban Masyarakat Kenanga Cipondoh, Hujaji di Tangerang, Minggu.

Hal ini merupakan proyek percontohan masyarakat yang mengelola sampah secara mandiri di Kota Tangerang. "Pengelolaan sampah yang kami lakukan adalah dengan memproduksinya kembali menjadi barang berguna dan melibatkan masyarakat setempat," ujarnya.

Arul, penggagas pengelolaan sampah mandiri, menjelaskan bawah masyarakat perlu diberikan pemahaman mengenai pengelolaan sampah. Sehingga, sampah yang dihasilkannya tidak begitu saja dibuang tetapi dikumpulkan dalam satu tempat untuk kemudian diproduksi.

Kini, pembangunan pengelolaan sampah yang dilakukannya sudah mencapai 80 persen. Tetapi, penerapan pengelolaan sampah secara mandiri telah mencapai lima RW.
"Pengelolaan sampah secara mandiri terus kita sosialisasikan. Mulai dari sistem pengangkutan hingga mengelola menjadi barang berguna," katanya.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Tangerang, Ivan Yulianto, menuturkan, "Festival Tangerang Bersih" bertujuan memberikan pendidikan kepada masyarakat tentang hidup bersih sehingga perilaku hidup dan budaya bersih akan senantiasa tumbuh dengan penuh kesadaran di kalangan masyarakat.

"Kita juga mengajak semua elemen masyarakat untuk bersama-sama menjaga lingkungan karena sampah itu pada dasarnya bukan semata-mata masalah tapi sebuah berkah jika kita bisa mengolah dan memanfaatkannya dengan baik," ujarnya.

Festival Tangerang Bersih dilaksanakan mulai 23 hingga 27 April di Bantaran Sungai Cisadane, Jalan Benteng Jaya.

Terdapat 50 stand yang tersedia dengan aneka ragam barang dijual mulai dari pohonan dan aneka jenis barang daur ulang.


Post Date : 28 April 2014