Wali Kota Tangerang Terapkan Pengangkutan Sampah pada Malam Hari

Sumber:tribunnews,com - 15 Mei 2014
Kategori:Sampah Luar Jakarta
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah mengintruksikan mulai menerapkan pengangkutan sampah pada malam hari di sejumlah titik untuk mengatasi beban kemacetan saat siang hari.
 
Selain kemacetan, kata dia, pengangkutan sampah pada malam hari bertunjuan mengurangi bau tak sedap dari pengangkutan sampah.

"Pengangkutan sampah pada malam hari merupakan terobosan dalam rangka untuk menciptakan wilayah yang bersih," tuturnya kepada Tribunnews.com, Kamis (15/5/2014).

Sementara itu, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Tangerang, Ivan Yulianto menambahkan berbagai upaya telah dilakukan Pemerintah Kota Tangerang terkait pembersihan sampah. Seperti satu kendaraan setiap kelurahan dan menyediakan Bank Sampah agar tidak semua kendaraan membuangnya ke TPA Rawa Kucing.

Selain itu, dia tambahkan pula, bahwa Pemkot Tangerang pun sudah melibatkan kelompok peduli lingkungan dari masyarakat dari tingkat RT/RW, kelurahan sampai ke tingkat kecamatan.

Paling tidak, dia sebutkan, saat ini ada 162 kendaraan truk pengangkut sampah. Ditambah lagi sebanyak 1700 petugas kebersihan yang melakukan kebersihan dan pengangkutan sampah sebanyak 1500 ton sehari.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Tangerang bekerjasama dengan Lembaga Riset Muda Indonesia, mulai mengoperasikan inovasi teknologi pengolahan sampah CGC Sapu Jagat. Alat ini mampu mereduksi sampah dengan kapasitas minimal 30 ton sampai 100 ton sampah sehari untuk setiap unitnya.


Post Date : 19 Mei 2014