AMPL kampanyekan pentingnya sanitasi

Sumber:sindonews.com - 30Mei 2013
Kategori:Air Limbah

Kelompok Kerja (Pokja) Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL) dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) terus mengkampanyekan pentingnya daerah sadar sanitasi.

Sejumlah kota daerah di Jawa Timur seperti Surabaya, Mojokerto dan Bondowoso saat ini telah berhasil melakukan perbaikan sanitasi. Salah satunya dengan program masyarakat bebas Buang Air Besar Sembarangan (BABS). 

Kasubdit Drainase dan Persampahan Bappenas Wahyudin mengapresiasi sejumlah daerah yang berhasil melakukan perbaikan sanitasi di daerah mereka. Keberhasilan itu salah satunya ditunjang kinerja Pokja AMPL di masing-masing daerah.

"Program sanitasi di Jawa Timur sangat berhasil. Ini akan menjadi percontohan bagi propinsi-propinsi yang lain di Indonesia," kata Wahyudin dalam rilisnya yang diterima Sindonews, Kamis (30/5/2013).

Menurutnya, Mojokerto dan Bondowoso berada di peringkat pertama. Selain itu termasuk kota dengan sanitasi terbaik tahun 2012 versi Percepatan Pembangunan Sanitasi Permukiman (PPSP).

Sementara dari segi teknis, kata dia, provinsi ini juga sudah terfasilitasi sebanyak 300 ribu jamban sehat.

"Itu masih estimasi terendah karena ada kategori jamban bersih dan tidak layak. Artinya kami ingin hingga akhir 2014 nanti, masyarakat sudah seratus persen tidak buang air besar sembarangan," tukasnya.



Post Date : 31 Mei 2013