16 Balita Meninggal

Sumber:Suara Merdeka - 22 Desember 2007
Kategori:Sanitasi
SEMARANG- Dalam kurun waktu sembilan bulan, antara Januari dan Septemer 2007, diare masih tergolong penyakit membahayakan. Dari 339.502 penderita 16 di antaranya meninggal dunia.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jateng dokter Hartanto menyebutkan, mayoritas usia penderita yang terkena diare adalah bayi usia satu sampai lima tahun. Untuk bayi di kurang satu tahun (43.089 penderita), usia 1-4 tahun (105.306) dan usia 5 tahun (175.536).

"Dengan melihat perubahan cuaca yang sudah cenderung ke penghujan ini diperkirakan meningkat. Bakteri e coli yang menyebabkan diare ini cenderung berkembang saat penghujan, jadi kami minta masyarakat untuk menjaga kondisi air di sekitarnya," kata dia, Jumat (21/12).

Dari penyebaran penderita diare yang meninggal dunia, Dinkes mencatat Kabupaten Kendal, Pekalongan, Tegal, Banyumas dan Kebumen masing-masing satu orang dan Pati, Kudus, Brebes, serta Purworejo masing-masing dua orang.

Namun setidaknya dari 35 kabupaten/kota di Jateng, terjadi peningkatan jumlah penderita diare sehingga daerah diminta meningkatkan kewaspadaan untuk mengantisipasi terjadinya peningkatan kasus atau kejadian luar biasa (KLB) diare.

Hartanto meminta Dinas Kesehatan kota/kabupaten di Jateng mengaktifkan sistem kewaspadaan dini KLB diare dan melaporkan kepada Dinkes Jateng jika cenderung terjadi peningkatan kasus diare yang signifikan di suatu desa.

Dia meminta jajaran kesehatan harus melakukan investigasi jika terjadi KLB diare di suatu daerah untuk mengetahui penyebabnya, merespons cepat secara terkoordanasi, dan melaporkan ke Dinkes Jateng.

"Kita akan melaksanakan advokasi kepada bupati/wali kota agar mereka mau memperbaiki sanitasi lingkungan yang menjadi faktor risiko terjadinya KLB diare, seperti sarana air bersih, jamban keluarga, sarana pembuangan air limbah, dan pembuangan sampah yang benar," katanya.

Sebagai upaya preventif, Dinkes telah menyebarkan 50 ribu bungkus oralit. Obat serbuk itu sebagai penawar atau untuk menjaga cairan yang hilang saat terserang diare.(H37,H7-77)



Post Date : 22 Desember 2007