Demi Adipura 2015, Pemkab Rohul Jadikan Sampah Musuh Bersama

Sumber:riauterkini.com - 6 November 2014
Kategori:Sampah Luar Jakarta
Bupati Rokan Hulu (Rohul) Achmad optimis daerahnya meraih piala Adipura 2015 akan datang. Sebagai komitmen, Pemkab Rohul jadikan sampah sebagai musuh bersama.

Demikian disampaikan Bupati Achmad seusai rapat lanjutan persiapan penilaian tim Piala Adipura 2015 di rumah dinasnya di Kompleks Bina Praja Kota Pasirpangaraian, Kamis (6/11/14).

Menurut Bupati, ada empat obyek vital yang jadi sasaran perbaikan dalam persiapan penilaian tim Piala Adipura yang akan dilakukan Pemkab Rohul, seperti penataan pemukiman penduduk dikoordinasi Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Setdakab Rohul Syaiful Bahri.

Tim penataan lingkungan akan menata pemukiman masyarakat, termasuk melakukan pembersihan lingkungan rumah tangga, serta pengelolaan sampah menjadi barang tepat guna seperti kerajinan atau handycraft.

Kedua, penghijauan kota dikoordinasi oleh Asisten I Bidang Administrasi dan Pemerintahan Setdakab Rohul Muhammad Munif. Tim ini akan menata ruang terbuka hijau. Termasuk, berkoordinasi dengan intansi terkait.

"Di sepanjang jalan akan dilakukan penghijauan agar kualitas udara tetap segar dan asri," kata Bupati Achmad.

Untuk penghijauan, selain bunga akan ditanam pohon teduh, buah-buahan seperti kelengkeng, mangga, serta tanaman kehutanan seperti mahoni.

Ketiga, penataan fasilitas umum dikoordinasi Wakil Bupati Rohul Hafith Syukri. Tim ini akan menata parit pembuangan atau got, infrastruktur jalan, dan pengelolaan sampah, termasuk menyediakan tong sampah.

Untuk penantaan sarana pendidikan dikoordinasi Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Rohul Muhammad Zen. Di setiap sekolah juga akan disediakan tong sampah.

Achmad menegaskan, seluruh sekolah harus menyediakan tong sampah. Bagi sekolah yang tidak menyediakan, dia minta agar masyarakat melaporkan kepada dirinya melalui pesan singkat atau short message service atau SMS.

Bupati Rohul dua periode itu mengharapkan adanya tong sampah di sekolah, pelajar merasa nyaman saat melaksanakan aktivitas belajar mengajar.


Post Date : 06 November 2014