Ibu Negara Terima Duta Sanitasi

Sumber:medanbisnisdaily.com - 1 Juli 2013
Kategori:Sanitasi

Para Duta Sanitasi diterima Ibu Negara Ani Yudhoyono di Istana Negara akhir pekan lalu. Hal itu merupakan rangkaian Jambore Sanitasi 2013. Jambore Sanitasi telah diselenggarakan Ditjen Cipta Karya, Kementerian Pekerjaan Umum sejak tahun 2008. Dengan kegiatan tersebut, telah bentuk ratusan anak - anak Duta Sanitasi yang tersebar di seluruh Indonesia. Untuk 2013, terpilih 198 anak Duta Sanitasi 2013.

Ibu Negara didampingi Ibu Herawati Boediono dan Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto mengukuhkan Pemenang Duta Sanitasi 2013. Dalam acara itu juga diumumkan pemenang Lomba Slogan dan Lomba Karya Tulis. 

Turut hadir Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi, Menteri Lingkungan Hidup Bert Kambuaya, Wamen PU Hermanto Dardak, pengurus solidaritas istri kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB) dan pejabat di lingkungan Ditjen Cipta Karya.

Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto dalam sambutannya menyampaikan tujuan jambore adalah meningkatkan pemahaman dan kepedulian terhadap sanitasi untuk mempercepat perubahan melalui kampanye lewat anak-anak. 

Jambore Sanitasi menyiapkan Duta-Duta Sanitasi tingkat Provinsi dan Nasional yang berkualitas, dan mampu menyampaikan pesan-pesan tentang sanitasi untuk meningkatkan kepedulian. Serta, perubahan perilaku masyarakat. 

Duta Sanitasi juga diharapkan menjadi Agen Perubahan yang bertugas melakukan penyuluhan baik di lingkungan rumah, sekolah, kabupaten atau kota, dan bahkan provinsi. Selanjutnya melalui Duta Sanitasi ini, diharapkan akan bisa menjadi berlipat-lipat jumlah anak serta masyarakat yang semakin peduli terhadap sanitasi.

"Disiapkan duta-duta sanitasi tingkat provinsi dan nasional yang akan menyampaikan sosialisasi mengenai sanitasi baik di sekolah maupun lingkungannya. Jika anak-anak yang menyampaikan kampanye peduli sanitasi akan lebih didengar " kata Djoko.

Tema Jambore Sanitasi 2013, yaitu "Bersama Kita Peduli Sanitasi dan Air Minum", menunjukkan pentingnya kerjasama antara sanitasi dan air minum. Serta sebagai upaya perlindungan air baku untuk ketersediaan air minum yang memenuhi persyaratan guna mewujudkan permukiman yang layak huni dan berkelanjutan. 

Oleh karena itu, melalui Jambore Sanitasi, Pemerintah terus mengajak peran aktif masyarakat untuk terus menggemakan dan melanjutkan pembangunan sanitasi yang layak demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, Ibu Negara berpesan agar para Duta Sanitasi terus melakukan penyuluhan ke daerah masing-masing. Serta memberikan laporan mengenai perubahan perilaku masyarakat berkehidupan yang bersih dan sehat. 

Dari kunjungan ke Istana Negara, Para Duta Sanitas dan rombongan juga berkunjung ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

 



Post Date : 01 Juli 2013