Dasar-Dasar Penyakit Berbasis Lingkungan

Pengarang:Umar Fachmi Achmadi
Penerbit:Jakarta: Rajawali Pers, 2011; xii, 184 + gambar, 23 cm
No. Klasifikasi:613.1 Ach d
Kata Kunci:Penyakit Berbasis Lingkungan, Media Transmisi, Perubahan Lingkungan, Diagnosis Penyakit
Lokasi:Perpustakaan Pokja AMPL. Telepon 021-31904113
Kategori:Buku

Untuk hidup dan menopang kehidupannya, manusia mau tidak mau harus berinteraksi dengan lingkungannya seperti air, udara, pangan dan sebagainya dalam jangka waktu yang lama. Hal ini merupakan salah satu faktor yang menentukan kehidupannya.   

Lingkungan merupakan determinan utama derajat kesehatan penduduk, meskipun demikian sakit bukanlah satu-satunya variabel pembentuk derajat kesehatan.  Kejadian penyakit pada dasarnya berbasis lingkungan, munculnya gejala-gejala penyakit pada kelompok penduduk merupakan hubungan antara manusia ketika berinteraksi dengan lingkungannya yang memiliki potensi gejala penyakit. Sementara itu kondisi lingkungan merupakan buatan manusia itu sendiri seperti penggunaan berbagai senyawa kimia, berbagai bahan yang mengandung bahaya radiasi, mutasi berbagai mikro organisme penyebab penyakit menular baru serta berbagai hobi dan perilaku yang pada akhirnya merugikan manusia itu sendiri.

Proses kejadian sakit dalam sebuah komunitas harus dipelajari dengan seksama agar dapat dicarikan strategi pencegahan dan pengendalian kejadian penyakit yang berbasis tepat sasaran dan dilakukan dengan cara sebaik-baiknya.

 



Post Date : 06 Agustus 2012