Menjaga Air Minum Anda Tetap Aman: Panduan Awal
Buku 1

Pengarang:Kementrian Kesehatan Republik Indonesia
Penerbit:Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, 2012
Seri:Alat Bantu Masyarakat
Halaman:iii, 22 hal + gambar + tabel; 28 cm
No. Klasifikasi:628.1 Kem m
Kata Kunci:Buku Panduan, Air Minum, Kesehatan, Kualitas Air, Sungai
Lokasi:Perpustakaan Pokja AMPL. Telepon 021-31904113
Kategori:Buku

Tidak selamanya air yang terlihat bersih, aman untuk diminum oleh manusia. Pencemaran air kadang kala sulit diketahui karena polutan yang terdapat dalam air tidak dapat dilihat dengan mata telanjang.  Apabila air minum berasal dari sumber yang tercemar dan tidak dibersihkan maka air tersebut kemungkinan besar mengandung kuman dan bakteri yang dapat menyebabkan penyebaran penyakit yang terkait dengan air seperti diare, tipus dan kolera. Untuk itu pengolahan air merupakan satu-satunya jalan yang perlu dilakukan agar air tersebut dapat digunakan secara aman baik untuk dikonsumsi maupun untuk memenuhi kebutuhan harian lainnya.

Buku ini merupakan alat bantu yang diharapkan akan mampu meningkatkan pemahaman banyak orang tentang bagaimana air dikelola, meningkatkan kesadaran akan perlumya menjaga air tetap bersih dan membuat penduduk merasa bertanggung jawab untuk mengambil tindakan dan ikut mengambil sikap dan perilaku yang benar guna memastikan adanya persediaan air minum yang aman dan berkelanjutan.

Alat bantu ini dirancang untuk membantu masyarakat menjaga keamanan, kebersihan dan kesehatan air minum. Kualitas air seringkali merefleksikan kualitas hidup, dimana air yang tercemar dapat menjadi sumber penyakit  sehingga diperlukan tindakan untuk mengendalikan jumlah limbah yang masuk ke dalam sumber air dan memastikan air yang aman dan sehat.



Post Date : 16 April 2013