Hujan Sejak Pagi, Jakarta Banjir dan Macet Lagi

Sumber:tempo.co - 31 Desember 2013
Kategori:Banjir di Jakarta

Kemacetan kembali terjadi di sejumlah wilayah di Jakarta dan sekitar. Penyebabnya adalah hujan yang mengguyur ibukota sejak pagi hari tadi. Berdasarkan informasi lalu lintas dari akun Twitter resmi TMC Polda Metro Jaya, kemacetan mulai terjadi lantaran jam sibuk kerja dan banjir di sejumlah titik.

Untuk jalan utama seperti Jalan MT Haryono, dari Cawang menuju Semanggi, arus lalu lintas dilaporkan dalam kondisi padat. Kepadatan di jalan arteri itu terjadi karena hujan yang turun cukup lebat sehingga membatasi jarak pandang pengendara. Selain itu, satu unit kendaraan Toyota Kijang juga dilaporkan ‘nyangkut’ di separator jalur bus Transjakarta akibat hendak menerobos jalur steril tersebut.

Adapun untuk jalan Tol Dalam Kota dari Cawang menuju Semanggi juga dilaporkan dalam kondisi padat merayap. Hujan deras membuat aparat kepolisian memutuskan untuk meniadakan kebijakan contra-flow alias jalur melawan arah dengan alasan keselamatan pengguna jalan. Kemacetan pun tak terhindarkan.

Selain itu, kondisi tol dari arah Ancol menuju Pluit, Jakarta Utara, juga dikabarkan tersendat. Penyebabnya adalah kecelakaan antara mobil Toyota Innvoa bernomor B 2726 IN dengan truk bak terbuka dengan nomor polisi N 9207 NQ. Bagian depan dan belakang mobil Innova itu pun dilaporkan dalam kondisi ringsek dan melintang di tengah jalan tol. Saat ini kecelakaan itu masih dalam penanganan petugas.

Sementara itu, banjir juga dilaporkan mengepung sejumlah ruas jalan pagi ini. Banjir setinggi 30 cm terjadi di Jalan Letjen Supratpto, Jakarta Pusat. Banjir yang terjadi tepat di depan kampur Universitas Yarsi itu menggenang sepanjang 25 meter hingga membuat pengguna jalan melambatkan laju kendarannya. ini membuat antrian kendaraan tak terhindarkan.

Banjir juga dilaporkan terjadi di kawasan Cilincing, Jakarta Utara, tepatnya di putaran balik Kebon Baru. Antrian kendaraan pun terjadi karena banjir setinggi 25 cm itu merendam jalan sepanjang 100 meter. Banjir dengan ketinggian serupa juga terjadi di depan Terminal Tanjung Priok yang menyebabkan kepadatan lalu lintas sekitar.

Adapun kawasan Jakarta Barat menjadi wilayah yang mengalami titik banjir yang paling banyak pagi ini. TMC Polda Metro melaporkan, banjir setinggi 25 cm merendam Jalan S. Parman di tiga titik. Lokasi pertama berada tepat di depan Mall Central Park yang mengarah ke Grogol. Tak jauh setelah itu, banjir juga merendam jalanan tepat di depan Mal Citraland sepanjang 75 meter kea rah Grogol.

Selain itu, banjir juga merendam median jalan arteri itu, tepatnya di depan kampur Universitas Trisakti. Banjir sepanjang 75 meter itu pun menyebabkan kepadatan lalu lintas jadi tak terhindarkan.

Banjir setinggi 25 cm juga dilaporkan terjadi di Jalan Daan Mogot, Cengkareng, tepatnya di depan kantor Samsat Polda Metro Jaya. Jalan Panjang Raya di kawasan Green Garden, Kedoy, juga terendam banjir akibat hujan deras pagi ini. Banjir di dua kawasan itu pun menyebabkan kepadatan lalu lintas yang cukup tinggi.

 



Post Date : 31 Desember 2013