LPM Tingkatkan Partisipasi Nasabah Bank Sampah

Sumber:balikpapanpos.co.id - 4 Maret 2013
Kategori:Sampah Luar Jakarta

BALIKPAPAN–Program bank sampah terus berlanjut di wilayah Kelurahan Manggar. Sebelumnya melalui Lurah Manggar Suwandi dilakukan pengukuhan kembali para pengurus bank sampah di RT 41 Manggar. Suksesnya program bank sampah mendapatkan dukungan penuh dari Ketua LPM Manggar Jumadi ST. Jumadi menegaskan kegiatan bank sampah haru dapat terus didukung serta jumlah nasabah dapat ditingkatkan lagi. “Melalui bank sampah sangat membantu warga dalam mewujudkan lingkungan yang bersih,” tegas Jumadi.

Launching bank sampah RT 41 ikut dimajukan oleh PT Thiess Indonesia, yang mana pada saat sosialisasi gas methane di tempat pembuangan akhir (TPA) Manggar, pihak Thiess secara simbolis menyerahkan kunci bangunan bank sampah dan satu unit kendaraan roda dua yang dilengkapi dengan bak pengangkut sampahnya sebagai kepedulian Thiess dalam menjalankan program Social Coorporate Responsibility (CSR). Ketua RT 41 Manggar Syahruddin sejak didapatkan kepedulian dan perhatian baik dari Kelurahan Manggar, LPM dan PT Thiess, membuatnya terus menggerakkan program tersebut di wilayahnya.

“Minat warga sangat baik sekali untuk menjadi nasabah bank sampah,” tegasnya. Semenjak dioperasikan bank sampah dalam dua minggu sekali beberapa nasabah bank sampah RT 41 sudah banyak yang menyetorkan sampah rumah tangganya yang masuk dalam kriteria jenis sampah kering yang dapat disetorkan.

“Sebenarnya warga kami dapat berpartisipasi untuk dapat menjadi nasabah bank sampah dikarenakan memberikan dua keuntungan selain membuat bersih lingkungan nasabah juga mendapatkan penghasilan nasabah dari hasil penjualan sampahnya yang telah dilakukan penimbangan, namun nominal uang yang diterima sesuai dengan kriteria jenis sampah dan bobot beratnya yang kemudian nantinya dpat dirupiahkan, selain itu para nasabah juga di bekali dengan buku tabungan sampahnya,” tutur Syahruddin.

Sementara keinginan Lurah Manggar Suwandi adanya bank sampah di beberapa lingkungan RT secara bertahap terjawab sudah? “Hal ini terbukti dengan dilakukan launching perdana penimbangan sampah di RT 41 Manggar, sebelumnya lingkungan RT 50 Manggar sudah sejak lama melaksanakan program tersebut bahkan saya sendiri menjadi nasabah bank sampah di RT 50,” imbuh Suwandi.

Post Date : 05 Maret 2013