Ada Keran Air Siap Minum di Unair

Sumber:Okezone - 28 Februari 2013
Kategori:Air Minum
Di luar negeri, terutama di negara maju, meminum air langsung dari keran adalah hal yang lumrah. Namun, bagaimana ketika hal tersebut diterapkan di Indonesia? Pemandangan serupa tampak di ruang terbuka Danau Konservasi Kampus C Universitas Airlangga (Unair) Surabaya. 

Keran Air Siap Minum (KASM) tersebut merupakan produk kerjasama antara Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surya Sembada Kota Surabaya dengan Unair. Direktur PDAM Surya Sembada Kota Surabaya Ashari Mardiono mengungkap, bantuan tersebut adalah program Corporate Social Responsibility (CSR).
 
Selain itu, program tersebut juga merupakan langkah awal drinking water from the tap sesuai amanat dalam PP No.16 Tahun 2005 tentang Sistem Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum. “Keran air siap minum di negara maju memang bukan hal yang baru. Tapi di Surabaya orang belum terbiasa dengan air yang siap minum langsung,” kata Ashari, seperti dinukil dari laman Unair, Kamis (28/2/2013).
 
Dia menilai, air siap minum bisa mendorong warga untuk menghemat energi. “Kalau nanti sudah biasa meminum air yang siap minum langsung, dampaknya akan hemat energi. Tak perlu memasak air untuk minum kan?” urainya.
 
Sementara itu, Rektor Unair Fasich menyatakan, fasilitas tersebut diharapkan dapat bermanfaat bagi segenap civitas academica Unair maupun warga sekitar.
 
“Air itu sumber kehidupan, semoga bisa dimanfaatkan dengan baik fasilitas water for student ini. Harapan kami, ini bisa jadi fasilitas kota sehingga seluruh warga Surabaya juga bisa berkunjung ke sini (Danau Unair) dan  menikmati Keran Air Siap Minum itu,” imbuh Fasich.
 
Koordinator Pemasangan KASM Divona Candrawati menjelaskan, air untuk KASM selalu dijaga agar aman untuk dikonsumsi. “Nantinya akan ada pengawasan internal setiap hari dan dari pihak eksternal satu bulan sekali. Pengawasan dilakukan dengan mengambil sampel air lalu menelitinya,” ujar Divona.
 
Program KASM telah mendapatkan rekomendasi aman dikonsumsi dari Dinas Kesehatan Kota Surabaya. Selain itu, uji kualitas air yang dilakukan oleh Laboratorium PDAM dan Laboratorium eksternal berakreditasi juga sudah menguji air tersebut aman dikonsumsi.
 
Teknologi penyaringan KASM menggunakan catridge filter lima mikron yang berfungsi untuk menyaring partikel-partikel berukuran sampai lima mikron. Alat itu juga dilengkapi water purifier yang terdiri dari carbon block dan UV untuk menyaring kontaminan dan pestisida.
 
Unair bukan lokasi perdana pemasangan KASM. Program yang dilakukan sejak tahun lalu tersebut telah terpasang di sembilan titik di Surabaya, antara lain di Taman Bungkul, Puskesmas Wiyung, SDN Kandangan I, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, dan RSUD Bhakti Darma Husada.
 
Divona menyatakan, pemilihan lokasi pemasangan KASM adalah lokasi yang ramai dikunjungi banyak orang. “Kriteria pemasangan salah satunya adalah di tempat-tempat strategis dan banyak dikunjungi seperti kampus,” tuturnya.

Post Date : 01 Maret 2013