Budayakan Malu Buang Sampah Sembarangan

Sumber:Suara Merdeka - 27 Januari 2014
Kategori:Sampah Luar Jakarta
SEMARANG - Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Semarnag mengerahkan 150 petugas untuk membersihkan sampah di area Simpanglima saat car free day, kemarin. Kegiatan tersebut sebagai pembelajaran bagi ribuan masyarakat yang saat bersamaan mengikuti pelopor keselamatan berlalu lintas.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Semarang Ulfi Imran Basuki mengatakan, biasanya pihaknya melakukan aktivitas kebersihan sebelum dan sesudah acara. Namun pada acara yang akan ada untuk melakukan kebersihan sepanjang kegiatan itu berlangsung.

Langkah tersebut dimaksudkan agar masyarakat memiliki rasa malu dan tidak membuang sampah sembarangan. Kegiatan itu juga sebagai pembelajaran kepada masyarakat. ’’Saya menyebar 150 petugas kebersihan di beberapa titik antara lain di Simpanglima, Jalan Pahlawan, Gajah Mada, Ahmad Yani dan Pandanaran supaya efektif. Juga agar masyarakat memiliki kesadaran menjaga kebersihan di lingkungannya terutama persoalan sampah,’’ katanya.

Selain itu, sampah adalah salah satu faktor penyebab penyakit dan banjir di Kota Semarang. Ke depan dia berharap agar pola hidup bersih ditanamkan sejak dini mulai sekolah-sekolah, maka para pelajar akan memiliki kesadaran menjaga kebersihan dengan cara tersebut dinilai lebih efektif. Dia juga mengajak beberapa organisasi untuk ambil bagian dalam kegiatan tersebut.

’’Kami berharap menjaga kebersihan bisa menjadi budaya sejak dini walau kami yakin ini tidak mudah. Kami juga mengajak semua lapisan masyarakat ikut andil dalam membudayakan pola hidup bersih,’’ katanya.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi berharap, masyarakat jateng sadar akan kebersihan. Menurutnya, sampah adalah salah satu penyebab banjir. Saat ini dirinya bekerjasama dengan Dinas PSDA dan ESDM Kota Semarang fokus untuk melakukan pengangkatan sedimentasi sungai-sungai.

’’Alat-alat berat juga akan kita turunkan untuk mengeruk sedimentasi yang ada agar banjir di kemudian hari bisa diatasi,’’ tandasnya usai saat ditemui pada acara pelopor keselamatan berlalu lintas di Simpang Lima, Kemarin. (fri,K44-39)

Post Date : 27 Januari 2014