Habis 'PRJ Monas', Tercecerlah Sampah

Sumber:tempo.co - 17 Juni 2013
Kategori:Sampah Jakarta

Acara Pekan Produk Kreatif Daerah (PPKD) telah berakhir pada Minggu kemarin, 16 Juni 2013. Tapi, bagi Kus Rohana, petugas kebersihan di taman Monumen Nasional (Monas), masih ada tugas yang menunggu, yaitu membersihkan sampah-sampah yang berserakan di sekitar taman Monas. Petugas kebersihan yang sudah bekerja di Monas sejak 17 hari yang lalu ini mengaku, sejak awal penyelenggaraan acara PPKD pada Jumat, 14 Juni 2013, tidak henti-hentinya ia membersihkan sampah yang ada di sekitar taman. 

"Kalo hari biasa aja taman Monas banyak sampah, apalagi kalau liburan atau pas ada acara gini, tambah numpuk, Mas," ujar Rohana kepada Tempo ketika ditemui di Taman Monas, Senin, 17 Juni 2013. (Baca: Jokowi Akui 'PRJ Monas' Butuh Perbaikan)

Berdasarkan pengamatan Tempo di lapangan, sampah-sampah pada Senin pagi masih terlihat di beberapa titik. Tidak hanya di dalam kawasan Monas, tapi juga di luar pagar. Misalnya di trotoar jalan raya seputar Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat. 

Menurut Rukanda, Ketua Petugas Kebersihan Lapangan Monas, lebih dari 200 petugas kebersihan dikerahkan untuk membersihkan sampah di sekitar Monas. Mereka disebar di lima bagian, yakni utara, timur, barat, selatan, dan pusat. 

Pergelaran PPKD Monas merupakan salah satu rangkaian acara untuk menyambut Ulang Tahun Jakarta ke-486.



Post Date : 18 Juni 2013