Ibu Negara: Problem Sanitasi Butuh Aksi Cepat dan Nyata

Sumber:jurnas.com - 28 Juni 2013
Kategori:Sanitasi

UPAYA Pemerintah Indonesia untuk mewujudkan sanitasi yang baik janganlah dipandang sebelah mata. Meski terdengar sepele, sanitasi yang tidak tertangani dengan baik dapat menimbulkan wabah penyakit hingga kematian.

Demikian disampaikan Ibu Negara Ani Bambang Yudhoyono saat memberikan pengarahan kepada peserta Jambore Sanitasi Nasional 2013 di Istana Negara, Jakarta, Jumat (28/6).

Ibu Ani memaparkan, masalah sanitasi berpengaruh terhadap angka kematian akibat diare. Saat ini prevalensi angka kematian akibat diare menurun dari 423/1000 penduduk menjadi 411/1000 penduduk. Meski mengalami penurunan, tetapi angka tersebut menunjukkan masih tingginya potensi kematian akibat penyakit diare yang dipicu sanitasi buruk.

Oleh karenanya, sambung Ibu Ani, penanganan sanitasi membutuhkan aksi yang cepat, tepat, dan nyata. Salah satu caranya dengan mengkampanyekan sanitasi yang baik untuk meningkatkan kesadaran masyarakat.

"Kita harus bertindak cepat, tepat, dan nyata. Kita tidak boleh bosan untuk beri tahu anak-anak kita, bahkan harus jadi contoh bagi anak-anak kita," kata Ibu Ani.

Ibu Ani memaparkan, pembangunan sanitasi yang baik menjadi salah satu tujuan yang ingin dicapai pemerintah mengacu agenda Millenium Development Goals (MDGs). Untuk mencapai tujuannya, pemerintah membangun infrastruktur seperti WC umum, tempat pembuangan sampah, dan drainase. Hanya saja, pembangunan infrastruktur sanitasi di beberapa daerah terpencil belum terealisasi.

Ibu Ani menyayangkan masih adanya masyarakat di daerah yang belum mendapatkan akses sanitasi yang sehat. Untuk itu Ibu Ani mengimbau agar para pimpinan daerah memberi perhatian lebih terhadap kelayakan sanitasi untuk masyarakat.

Ibu Ani berharap pembangunan sanitasi yang baik bisa menjadi salah satu agenda penting bagi pemerintah daerah. "Agar sanitas ini menjadi agenda penting di wilayahnya masing-masing. Dengan sanitasi yang baik, Insya Allah berdampak ke kualitas lingkungan," ucap Ibu Negara.

Dalam pengarahannya, Ibu Ani juga mengimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya sanitasi yang baik. Para pelajar yang ditetapkan sebagai duta sanitasi diharapkan bisa ikut menggugah kesadaran masyarakat ini.

"Ibu berharap duta sanitasi bisa memberi pengertian dan mengajak teman-temannya untuk menjaga kebersihan. Boleh mengingatkan, termasuk kepada pejabat daerah," pesan Ibu Negara.



Post Date : 01 Juli 2013