Skenario Pemkab Purwakarta Atasi Krisis Air Bersih

Sumber:tintahijau.com - 21 Sept 2014
Kategori:Air Minum
Sebanyak 12 dari 17 Kecamatan di Purwakarta dilanda krisis air bersih. Sebagai solusi jangka pendek, Pemkab setempat mengerahkan kendaraan tangki untuk suplai air di beberapa titik.

Dinas Energi dan Sumber daya mineral (ESDM) setempat melansir, sampai saat ini ada 12 kecamatan yang telah melaporkan telah terjadi krisis air bersih. Ke-12 Kecamatan tersebut diantaranya, Kecamatan Tegalwaru, Plered, Sukasari, Sukatani, Darangdan, Jatiluhur, Pondoksalam, Pasawahan, Purwakarta, Campaka dan Cibatu.

Pemerintah setempat melakukan upaya penanggulangan krisis air bersih ke sejumlah daerah. Kepala Dinas ESDM Purwakarta, Tarsamana Wawan Setiawan mengatakan upaya tersebut bersifat insidental (jangka pendek). Pihaknya saat ini berupaya mencari solusi jangka panjang. Sehingga kelangkaan air bersih di Purwakarta bisa ditekan.

"Salah satu solusi jangka panjangnya, yakni dengan membuat sumur bor di lokasi-lokasi itu. Tapi, sebelumnya harus dilihat dulu apa di lokasi tersebut terdapat mata air bawah tanah atau tidak," ujar Wawan, kepada TINTAHIJAU.com

Dikatakan Wawan, Pemkab mendapat bantuan berupa 10 sumur bor dari Badan Geologi pusat. Namun demikiakn, 10 titik sumur bor itu belum mampu mencukupi kebutuhan air di wilayah yang terkena krisis. Ke depana, kata dia, Pemkab berencana menambah beberapa titik sumur bor di wilayah-wilayah itu.

"Untuk kebutuhan anggarannya masih kita bahas. Tapi, sebelum membuat sumur bor, kita akan terlebih dahulu mengecek lokasi yang masih terdapat sumber air bawah tanah. Untuk ini, kami akan minta bantuan ke Badan Geologi," jelas dia. 


Post Date : 22 September 2014