Sleman Bangun Pengelolaan Sampah Organik

Sumber:republika.co.id - 10 Maret 2014
Kategori:Sampah Luar Jakarta
Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, segera membangun kebun anggrek, kebun buah, dan pengelolaan sampah organik.

"Kebun anggrek, kebun buah, dan pengelolaan sampah organik ini digagas Tim Penggerak PKK Kabupaten Sleman, sebagai wujud untuk menjaga kelestarian lingkungan," kata Ketua TP PKK Kabupaten Sleman Ny Kustoni Sri Purnomo, Kamis (10/4).

Menurut dia, banyak bencana alam yang disebabkan lingkungan yang rusak, membuang sampah sembarangan di sungai maupun selokan, sehingga menyebabkan banjir dan kotornya lingkungan.

"Oleh karena itu, TP PKK Kabupaten Sleman melalui Pokja (Kelompok Kerja) III dalam waktu dekat akan mewujudkan kegiatan yang mampu menampung banyaknya sampah berupa pengolahan sampah," katanya.

Di samping itu, juga mewujudkan kebun, dimana sampah yang telah diolah tersebut dapat dimanfaatkan untuk pemupukan tanaman.

"Tentu kalau ada kelebihan, dapat dipasarkan di masyarakat," katanya.

Ia mengatakan kebun anggrek, buah dan pengolahan sampah tersebut dimaksudkan untuk memfasilitasi banyaknya sampah yang di lingkungan perkantoran Kabupaten Sleman yaang setiap hari mencapai ratusan kilogram.

"Saat ini beberapa jenis anggrek sudah bisa dikatakan langka, karena itu TP PKK Kabupaten Sleman berencana melestarikan dan mengembangkan beberapa anggrek tersebut, antara lain jenis anggrek merapi yang saat ini sudah jarang dijumpai, karena juga merupakan ikonnnya Kabupaten Sleman," katanya.

Sedangkan untuk kebun buah, TP PKK Kabupaten Sleman berencanaa mewujudkan sebagai percontohan di masyarakat.

"Pemberdayaan masyarakat akan lebih mengena apabila PKK sebagai penggeraknya memiliki kebun buah sendiri. Ke depan, kebun buah tersebut bisa dijadikan wisata petik buah bagi pengunjung," katanya.


Post Date : 11 April 2014