Wali Kota Langsa Resmikan SLBM

Sumber:tribunnews.com - 29 Desember 2014
Kategori:Sanitasi

Wali Kota Langsa, Usman Abdullah SE, Minggu (28/12) sore meresmikan Sanitasi Lingkungan Berbasis Masyarakat (SLBM) di dalam perkarangan Taman Bambu Runcing, Gampong Jawa, Kecamatan Langsa Kota.

Pembangunan SLBM itu dikerjakan oleh Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Anugerah Gampong Jawa, dengan sumber penadanaannya dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2014 senilai Rp 294.000.000.

Wali Kota Langsa, mengatakan bangunan itu untuk kepentingan masyarakat umum, sehingga wajib dirawat dengan baik. Karena katanya, membangun lebih muda dari pada merawatnya. Untuk itu dibutuhkan orang yang bisa bertanggungjawab guna merawat sanitasi tersebut.

“Sanitasi lingkungan ini merupakan aset pemerintah dan masyarakat, sehingga dibutuhkan tanggung jawab untuk memeliharanya. Jika bangunan itu tidak dirawat dengan baik maka pemerintah akan mengambil alih, tapi jika dirawat dengan baik maka akan terus dikelola oleh gampong,” katanya.

Dalam kesempatan itu Wali Kota Usman Abdullah juga meminta pihak gampong menjaga kebersihan sanitasi dimaksud, jangan dibiarkan jorok yang bisa menimbulkan bau serta jadi sumber penyakit. Dengan adanya sanitasi ini akan membawa keuntungan, terutama untuk manfaat kepentingan umum.

Keuchik Gampong Jawa, Syahrial, mengucapkan terimaa kasih kepada Wali Kota Langsa yang telah memfasilitasi pembanguna SLBM ini. Maka untuk pemeliharaan SLBM, akan dibentuk kelompok pengelola untuk bertanggungjawab terhadap sanitasi tersebut.

Kabid Cipta Karya Dinas PU Kota Langsa, Muharram ST, menjelaskan, pembangunan sanitasi ini dilaksanakan secara swakelola mulai dari perencanaan dan penempatan lokasi, oleh KSM Anugrah Gampong Jawa, dan ini merupakan salah satu dari enam kegiatan yang dilaksnakan di Kota Langsa.



Post Date : 30 Desember 2014