Alasan Daerah Penyangga Enggan Berikan Lahan untuk Sampah Jakarta

Sumber:tribunnews.com - 10 Februari 2014
Kategori:Sampah Jakarta

Pengelolaan sampah turut menjadi bagian masalah dari sekian problem yang ada di Jakarta. Daerah penyangga sekitar Jakarta pun seperti enggan memberikan lahannya untuk dijadikan tempat pengolahan sampah dari Jakarta.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menjelaskan pengolahan sampah yang belum maksimal dari Pemprov DKI dinilainya menjadi sebab daerah penyangga enggan memberikan lahannya.

"Kalau di Jakarta ada pengolahan sampah ramah lingkungan, tidak menimbulkan bau, dan bernilai ekonomis, mungkin daerah penyangga mau memberikan lahannya," kata orang nomor satu di Jawa Barat itu, Senin (10/2/2014).

Pria yang akrab disapa kang Aher itu mengatakan konsep megapolitan yang menghubungkan Jakarta dengan daerah penyangga sekitarnya adalah sebuah keniscayaan. Ia pun setuju dengan usulan mantan Gubernur DKI Sutiyoso, yang menyatakan perlu ada lembaga atau kementerian khusus yang mengatur Jabodetabekjur.

"Dari awal saya setuju karena bagaimanapun megapolitan sebuah keniscayaan. Ketika Depok, Bogor, Bekasi, Tangerang semakin besar, pasti menyatu dengan Jakarta," tukasnya.



Post Date : 10 Februari 2014