22 Pompa Air Disalurkan ke Timor Tengah Selatan

Sumber:Suara Pembaruan - 11 Mei 2005
Kategori:Air Minum
SOE - Sebanyak 22 unit pompa air akan disalurkan ke masyarakat desa di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur (NTT). Pompa air tersebut untuk mengatasi kekeringan yang melanda kabupaten tersebut.

Keterangan Bupati TTS, Drs Daniel Andreas Banunaek, kepada Pembaruan di SoE, Selasa (10/5), dari survei yang dilakukan aparatnya memang masih ada persediaan air di sejumlah mata air. Namun memasuki musim kering dia khawatir debitnya menyusut. Sebab, masyarakat sudah ada menggali sumurnya lebih dalam untuk mendapatkan mata air baru. Untuk memudahkan mereka mengambil air, perlu dibantu dengan motor pompa air.

Pemberian bantuan motor pompa tersebut, tutur bupati, juga dibarengi dengan penjelasan dan sosialisasi agar masyarakat dapat memanfaatkannya secara maksimal. Bantuan motor pompa tersebut, jelas dia, bukan kepada setiap keluarga, tapi dimanfaatkan dalam kelompok warga. Dengan demikian antarkelompok diharapkan saling bekerja sama.

Menurut Banunaek, bantuan motor pompa air tersebut di samping untuk memenuhi kebutuhan air minum juga untuk mengairi ladang jagung. Salah satu desa yang berhasil memanfaatkannya adalah masyarakat Desa Binaus.

Di sana, pompa tersebut bisa mengairi ladang jagung seluar 270 hektare. Hasil panennya, tahun lalu, mencapai 1.350 ton jagung.

Keberhasilan tersebut, lanjut dia, harus dipertahankan. Dia berharap, daerah tersebut menjadi lumbung jagung bagi masyarakat TTS maupun Kabupaten dan Kota Kupang. Hanya saja kendalanya adalah iklim. Sebab, bila derah itu benar-benar kekeringan maka panen di sana akan gagal.

"Sebagai pimpinan daerah, saya akan terus memotivasi mereka di samping memberikan bantuan motor pompa air," ujar dia. Yang terpenting, imbuh dia, masalah kekeringan jangan sampai mematahkan semangat masyarakat. Sehingga tugas pemerintah adalah bersama masyarakat merobah masalah menjadi harapan.

Di mana, dalam beberapa pekan ini bersama tim teknis melakukan kunjungan kerja ke desa-desa yang mengalami kekeringan paling parah. Untuk survai persediaan air, sekaligus memberikan motivasi dan bantuan motor pompa. (120)

Post Date : 11 Mei 2005