Menteri Deklarasi Indonesia Bersih dari Sampah

Sumber:Tempo.co - 25 Februari 2014
Kategori:Sampah Luar Jakarta
Kementerian Lingkungan Hidup mendeklarasikan gerakan 3-R, yaitu Reduce, Reuse, danRecycle untuk mewujudkan Indonesia bersih dari sampah.  "Hanya pemimpin yang memiliki komitmen tinggi untuk menciptakan kota bebas dari sampah," kata Menteri Lingkungan Hidup (LH), Balthasar Kambuaya di Balai Kota, Senin, 24 Februari 2014. 

Deklarasi dihadiri 30 walikota atau bupati se-Indonesia yang berkomitmen besar untuk mewujudkan Indonesia bersih dari sampah pada 2020. Kota Surabaya terpilih sebagai tuan rumah pelaksanaan Forum 3 R se-Asia dan Pasifik kelima pada 25-27 Februari 2014.

Deklarasi walikota/bupati se-Indonesia ini, kata Balthasar, sangat penting untuk menyatukan komitmen para pemimpin untuk mewujudkan Indonesia bebas dari sampah. Dengan deklarasi tersebut, sesama Kepala Daerah dapat salingmengingatkan dan bertukar inspirasi dalam pengelolaan sampah. “Sampah di kota-kota besar baru bisa dikelola di bawah 50 persen. Selebihnya tidak diurus. Ada yang di jalan atau di sungai. Kami harus menjadi role model untuk memimpin masyarakat.” 

Deputi IV Menteri Lingkungan Hidup Bidang pengelolaan Bahan Berbahaya da Beracun, Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun dan Sampah, Rasio Ridho Sani mengatakan deklarasi ini penting karena merupakan tekad bersama untuk berperan aktif dalam mengelola sampah menuju kota bersih. Tujuannya untuk meningkatkan taraf kesehatan, perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Post Date : 25 Februari 2014