Ramadan, Volume Sampah di Cianjur Meningkat 30%

Sumber:inilah.com - 15 Juli 2013
Kategori:Sampah Luar Jakarta

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kabupaten Cianjur, Rika Ida Mustikawati mengatakan intensitas membuang sampah masyarakat selama Puasa memang terbilang relatif tinggi karena diiringi tingkat konsumsi makanan yang tinggi pula. Hasil sementara penghitungan kasar, kenaikan volume sampah hingga hari keenam Puasa mencapai 30% dari hari biasanya.

"Kalau hari-hari libur biasa sih paling banyak kenaikannya mencapai 10%, tapi kalau selama Puasa volume sampah mengalami kenaikan hingga mencapai 30%," kata Rika kepada INILAH.COM, Senin (15/7/2013).

Di Cianjur, kata Rika, volume sampah masih didominasi sampah rumah tangga. Volumenya mencapai 700-800 meter kubik selama Puasa. "Kita siapkan 35 truk pengangkut sampah dari setiap kecamatan ke TPAS Pasir Sembung. Satu truk mampu mengangkut sekitar empat meter kubik sampah. Satu truk dibagi ke beberapa rute, yakni Kecamatan Cianjur, Cipanas, Sukaresmi, Pacet, Warungkondang, Cibeber, Cugenang, Ciranjang, dan Karangtengah," terangnya.

Meski volume sampah meningkat, kata Rika, pihaknya tidak akan menambah jumlah personel, hanya saja menambah frekuensi jalur pengangkutan. Pengangkutan akan diintensifkan pada malam hari. "Kalau jumlah personel kita optimalkan saja yang ada, tidak ada penambahan. Hanya kita akan optimalkan frekuensi jalur pengangkutan," tandasnya



Post Date : 16 Juli 2013