Strategi Sanitasi Kota Pontianak

Pengarang:H.Sutarmidji (kata pengantar)
Penerbit:Pontianak: Pemerintah Kota Pontianak, 2010; iv, 240 hal + tabel + gambar
No. Klasifikasi:363.725.986.171 STR
Kata Kunci:Strategi Sanitasi, Kota Pontianak, Air Limbah, Persampahan, Drainase, PHBS
Lokasi:Perpustakaan Pokja AMPL. Telepon 021-31904113
Kategori:Buku

Strategi yang perlu ditetapkan terkait dalam penanganan air limbah di Kota Pontianak yaitu peningkatan kinerja kelembagaan, optimalisasi peran serta masyarakat dalam mengelola sub sektor air limbah yang memenuhi standar teknis dan kesehatan, mengembangkan perencanaan pengolahan air limbah yang berwawasan lingkungan.

Strategi dalam penanganan persampahan adalah dengan meningkatkan kinerja operator layanan persampahan skala kota, menyediakan prasarana dan sarana pengelolaan persampahan, optimalisasi daya dukung kebijakan pengelolaan persampahan, optimalisasi prasarana dan sarana persampahan.

Strategi dalam penanganan drainase lingkungan adalah mengembangkan perencanaan sistem drainase kota yang terintegrasi dan komprehensif, optimalisasi daya dukung kebijakan pengelolaan drainase lingkungan, meningkatkan pemahaman dan komitmen pengelolaan drainase lingkungan.

Strategi penanganan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)/Higiene adalah  optimalisasi peran unsur swasta dalam program upaya promosi PHBS kepada organisasi kemasyarakatan, optimalisasi peran SKPD terkait dalam pemicuan dan penerapan PHBS, meningkatkan kuantitas dan kualitas kesling dalam promosi PHBS, meningkatkan pemahaman masyarakat tentang PHBS.

Strategi terkait dalam hal kebijakan dan kelembagaan adalah menjadikan sanitasi sebagai prioritas pembangunan kota, peningkatan koordinasi antar sektor terkait sanitasi, menyusun regulasi sektor sanitasi yang komprehensif ditingkat kota dan menyusun rencana strategi sektor sanitasi.

Strategi dalam hal keuangan sektor sanitasi meliputi peningkatan kualitas perencanaan sektor sanitasi dengan memanfaatkan sumber-sumber pembiayaan yang tersedia, menggali sumber-sumber pembiayaan yang ada, peningkatan komitmen dan kepedulian terhadap sektor sanitasi, dan menyiapkan perencanaan penganggaran yang mengikat semua SKPD terkait.

 



Post Date : 26 Desember 2012