PDAM Barut Layani 500 Rumah Untuk Pedalaman

Sumber:antarakalteng.com - 15 April 2014
Kategori:Air Minum
Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Muara Teweh Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, tahun 2014 membuka layanan pemasangan sebanyak 500 sambungan rumah bagi masyarakat Desa Lampeong, ibu kota Kecamatan Gunung Purei.

"Bagi masyarakat yang mau memasang instalasi ledeng ke rumah biaya pemasangan mendapat subsidi dari pemerintah daerah sebanyak 500 sambungan rumah," kata Direktur Teknik PDAM Barito Utara, Agus Surjanto di Muara Teweh, Senin.

Menurut Agus, pendaftaran untuk memasang PDAM di instalasi kecamatan (IKK) Lampeong dengan kafasitas produksi 15 liter per detik itu dengan mengisi formulir serta membayar biaya pendaftaran yang mendapat subsidi dari pemerintah daerah, dengan biaya penyambungan sebesar Rp250.000.

Dikategorikan sambungan murah karena sebagian besar peralatannya dibantu pemerintah daerah dengan selisih perhitungan penyambungan standart Rp690.000, penyambungan murah atau subsidi Rp250.000 dengan selisih biaya Rp440.000.

"Pendaftaran pembayaran biaya penyambungan dilakukan di kantor PDAM unit IKK Lampeong dan tidak melalui pihak lain," katanya.

Agus mengatakan IKK di Lampeong Kecamatan Gunung Purei yang merupakan kecamatan berbatasan dengan Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur itu dibangun tahun 2013 dengan memanfaatkan mata air Sungai Teweh (anak Sungai Barito).

Pembangunan IKK pedalaman ini merupakan upaya pemerintah daerah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat untuk menikmati air bersih.

"Selain membangun sejumlah sarana dan prasarana air bersih untuk kecamatan, dalam kota Muara Teweh juga ditambah fasilitas jaringan pipa PDAM untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," katanya.

Kapasitas produksi saat ini belum mampu melayani 5.900 pelanggan di kota Muara Teweh, sedangkan warga yang masuk dalam daftar tunggu pemasangan sebanyak 500 pelanggan.

PDAM yang bahan baku airnya dari Sungai Barito ini memiliki 9.000 pelanggan baik dalam kota maupun di sejumlah kecamatan yang akan mendapat layanan air bersih melalui instalasi kecamatan.

"Semua kecamatan memiliki fasilitas air bersih, sehingga tahun ini kami targetkan 10.000 pelanggan," kata Agus.


Post Date : 16 April 2014