Sistem Drainase di Sekitar Istana Merdeka Perlu Diaudit

Sumber:metrotvnews.com - 7 Februari 2014
Kategori:Drainase

Pemerintah harus segera mengaudit sistem drainase di sekitar kawasan Istana Merdeka. Kemarin, kawasan ring 1 Jakarta itu tergenang setelah hampir seharian Ibu Kota diguyur hujan.

"Yang pertama harus dilakukan adalah audit sistem drainase di sekitar Istana, harus dilihat kapasitas drainasenya berapa besar terkait air hujan yang tumpah," kata pengamat perkotaan Universitas Trisakti, Yayat Supriyatna, Kamis (6/2).

Menurut Yayat, tergenangnya air di sekitar Jalan Merdeka, Jakarta Pusat, kemungkinan disebabkan beberapa jaringan drainase di sekitarnya bermasalah. "Apa karena ada sampah, atau ketinggiannya yang kurang. Atau karena sedimentasi. Ini yang harus dicek kembali," tutur Yayat.

Ia menyarankan pemerintah melakukan pengecekan sistem drainase secara rutin di kawasan ring 1. Tak hanya itu, dirinya juga mengimbau pemerintah belajar dari peristiwa lalu agar kejadian serupa tidak terjadi di masa mendatang.

"Tahun 2013 kan juga banjir menyerang masiv, sampai masuk ke dalam Istana, seharusnya sejak kejadian itu pemerintah belajar dari kesalahan, ada auditnya engga? Sekarang kejadian lagi, kita tunggu saja auditnya ada atau tidak, harus dilihat lagi tata kelola drainasenya," tutup Yayat.



Post Date : 07 Februari 2014