Banjir di Pamekasan Berangsur Surut

Sumber:antaranews.com - 12 Juni 2013
Kategori:Banjir di Luar Jakarta

Banjir yang melanda tiga kecamatan di Kabupaten Pamekasan, Madura, sejak Selasa (11/6) kini berangsur surut.

"Genangan air tadi sudah terpantau semakin susut, dan sudah tidak turun hujan lagi. Cuaca juga cerah," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Pamekasan, Iskandar, Rabu pagi.

Jika tidak turun hujan lagi, kata Iskandar, kemungkinan banjir akan cepat surut. Selain itu di wilayah utara Pamekasan juga tidak turun hujan, sebagaimana dua hari sebelumnya.

Meski mulai surut, Iskandar menyatakan, pihaknya akan tetap mendistribusikan bantuan makanan kepada para korban banjir itu, karena sampai saat ini mereka belum bisa memasak.

"Tadi petugas taruna siaga bencana telah mendistribusikan ke masing-masing lurah dan kepala desa untuk para korban banjir itu," katanya menjelaskan.

Berdasarkan data sementara yang disampaikan yang tercatat di BPBD Pemkab Pamekasan, jumlah kepala keluarga (KK) yang terendam banjir kali ini sebanyak 2.500 KK, tersebar di sembilan desa/kelurahan.

Kesembilan desa/kelurahan itu masing-masingKelurahan Petemon, Barurambat Kota, Jungcangcang, Parteker, Kelurahan Kangenan dan Desa Laden Kecamatan Kota Pamekasan.

Tiga desa/kelurahan lainnya, masing-masing Kelurahan Barurambat Timur, Desa Lemper dan Sumedangan Kecamatan Pademawu.

Banjir yang terjadi sejak Selasa (11/6) dini hari itu juga merendam sekitar 100 hektar lahan pertanian di dua kecamatan, yakni Kecamatan Kota dan Kecamatan Pademawu.

Banjir juga merendam sejumlah lembaga pendidikan sekolah dasar negeri di Kelurahan Jungcangcang, dan kantor Dinas Pertanian Pemkab Pamekasan.

"Kalau perkiraan kerugian material belum kami hitung, karena semua petugas saat ini masih fokus pada penyaluran bantuan tanggap darurat," kata Iskandar. 

Sebaliknya, banjir yang terjadi di Sampang, Rabu pagi justru kian meluas, bahkan kini ketinggian genangan air di sebagian titik di dalam kota antara 1 meter hingga 1,5 meter.



Post Date : 13 Juni 2013