Libur Lebaran, sampah di Yogya capai 300 ton perhari

Sumber:sindonews.com - 12 Agustus 2013
Kategori:Sampah Luar Jakarta

Libur Lebaran bukan hanya menyebabkan meningkatkan kepadatan arus lalu lintas di beberapa ruas jalan di Yogyakarta, namun juga bertambahnya volume sampah di kota dengan slogan Berhati Nyaman ini. 

Berdasarkan data Badan Lingkungan Hidup (BLH) Yogyakarta, saat libur Lebaran volume sampah meningkat hingga 20 ton per hari, yaitu dari 280 ton per hari pada hari biasa menjadi 300 ton per hari pada saat libur Lebaran atau naik 7,1 persen.

Kepala BLH Kota Yogyakarta Irfan Susilo mengatakan, peningkatan volume sampah ini bukan hanya terjadi di tempat umum, seperti tempat wisata atau fasilitas publik, namun juga dari rumah tangga. 

Untuk menjaga kebersihan kota dari sampah tersebut, terutama di tempat keramaian umum, seperti tempat wisata, selain menambah waktu pengangkutan sampah, para pengunjung juga diminta untuk tidak membuang sampah sembarangan.

“Saat liburan ini, untuk pengangkutan sampah, ditambah malam hari, sedangkan hari biasa hanya pagi, siang dan sore. Jumlah tenaga kebersihan ada 300 personel dengan 40 armada pengangkut,” paparnya, Senin (12/8/2013).

Menurut Irfan, imbauan untuk tidak membuang sampah sembarang tersebut juga sudah diatur dalam peraturan daerah (perda) No 10/2012 tentang pengelolaan sampah dan Perda No 18/2002 tentang Pengelolaan Kebersihan. 

Dimana salah satu pasalnya berisi larangan bagi warga membuang sampah sembarangan. Mereka yang terbukti membuang sampah sembarangan terancam sanksi membayar denda maksimal Rp50 juta.

“Untuk menjaga kebersihan ini, kami juga sudah menyediakan tempat untuk pembuangan sampah,” kata irfan.



Post Date : 13 Agustus 2013