Volume Sampah Memprihatinkan

Sumber:Suara Merdeka - 11 September 2013
Kategori:Sampah Luar Jakarta
SEMARANG- Jumlah sampah dari Kota Semarang sudah sangat memprihatinkan. Menurut Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah TPAJatibarang Suhadi, produksi sampah harian di Kota Semarang sudah mencapai 800 ton/hari.

Namun rata-rata yang terangkut ke TPA Jatibarang hanya 750 ton/hari. Hal itu karena ketersediaan sarana prasarana utamanya kendaraan truk sebagai alat transportasi pengangkut sampah masih belum mencukupi.

”Setiap truk rata-rata dapat mengangkut sampah empat sampai lima kali sehari. Sehingga, jika dihitung rata-rata hanya ada sekitar 325 truk per hari yang aktif mengangkut sampah. Karena itu dari produksi sampah sekitar 800 ton/hari, yang dapat terangkut ke TPAhanya sekitar 750 ton/hari,” jelasnya.

Kebersihan

Sementara Komisi C DPRD Kota Semarang menilai produksi sampah di kota ini tidak sebanding dengan sarana dan prasarana pengelola kebersihannya. Sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Jatibarang misalnya, volumenya bertambah rata-rata 750 ton/hari. Namun akses jalan menuju lokasi TPA, penataan lokasi hingga pengelolaan sampahnya tidak memadai.

Anggota Komisi C Agung, Budi Margono mengatakan, pertumbuhan jumlah penduduk serta pergeseran gaya hidup di kalangan masyarakat modern berpotensi meningkatkan laju konsumsi masyarakat.

Hal ini akan mengakibatkan bertambahnya volume sampah yang dihasilkan. ”Kondisi ini harus disikapi oleh pemerintah Kota Semarang dengan menyediakan pengelolaan sampah yang baik. Kami lihat lahan yang ada memang masih mumpuni (mencukupi).

Tapi penataan, akses jalan menuju ke TPA, dan pengelolaan sampah yang sudah terangkut masih memprihatinkan,” ungkapnya di sela meninjau TPA Jatibarang baru-baru ini. Dia menjelaskan, akses jalan menuju lokasi TPAJatibarang di Jalan Untung Suropati rusak karena hampir seluruh badan jalan berlubang dan bergelombang. Saat ini sudah mulai ada perbaikan jalan tersebut namun diharapkan perbaikan jalan dapat segera terselesaikan. (H71,H35-72)

Post Date : 11 September 2013