Sampah Lebaran 1.300 Ton/Hari

Sumber:klik-galamedia.com - 14 Agustus 2013
Kategori:Sampah Luar Jakarta

Volume sampah di Kota Bandung menjelang dan paskalebaran atau Hari Raya Idulfitri 1434 H mengalami peningkatan mencapai 20%. Jika hari-hari biasa volume sampah 1.100 ton/hari, saat ini menjadi 1.300 ton/hari.

Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Daerah (PD) Kebersihan, Cece Iskandar mengatakan, pada awal hingga pertengahan Ramadan, jumlah volume sampah di Kota Bandung meningkat sebesar 15%. Tapi seiring dengan waktu menuju Idulfitri, volume sampah terus mengalami peningkatan.

"Hari-hari biasa, volume sampah 1.100 ton/hari dan pada awal hingga pertengahan Ramadan mencapai 1.200 ton/hari. Volume sampah terus mengalami peningkatan hingga 20% atau mencapai 1.300 ton/hari saat Idulfitri 1434 H," ujarnya kepada wartawan, Selasa (13/8).

Penambahan volume sampah di Kota Bandung disebabkan ada peningkatan konsumsi masyarakat Kota Bandung. Selain itu faktor warga dari luar Bandung yang datang ke Kota Bandung, juga menjadi salah satu faktor penunjang.

"Di Kota Bandung banyak pusat perbelanjaan dan kuliner yang menjadi tujuan. Bukan hanya warga Kota Bandung, tapi juga luar Kota Bandung. Kondisi ini membuat volume sampah meningkat cukup signifikan," ungkapnya.

Dijelaskan Cece, untuk mengantisipasi kenaikan tersebut, pihaknya menurunkan 1.080 personel kebersihan. Petugas-petugas tersebut meliputi tukang sapu, petugas lapangan, sopir, dan yang lainnya.

"Petugas sebanyak 1.080 orang tersebut kita turunkan pada saat malam takbiran. Dan untuk hari 'H' Lebaran, kita hanya menurunkan 149 orang petugas," katanya.

Sedikitnya personel yang diturunkan pada Lebaran karena TPA Sarimukti tutup, sehingga pada hari tersebut tidak ada pengangkutan. Pengangkutan sampah dilakukan pada H+1 atau Jumat (9/8) lalu.

"Oleh sebab itu, sempat terjadi penumpukan di beberapa TPS. Tapi saat ini, kita terus melakukan pengangkutan sampah ke TPA Sarimukti," terangnya.

Diakuinya, saat ini terdapat beberapa TPS yang masih belum maksimal diselesaikan. Pihaknya menargetkan akhir minggu ini, semua sampah yang berada di TPS sudah bisa diangkut.

"Ada beberapa TPS seperti Kiaracondong, Antapani, Jln. Peta, Pasar Andir, dan Tegallega. Tapi penumpukannya tidak terlalu banyak. Akhir minggu ini kita targetkan akan diangkut semuanya," tegas Cece.



Post Date : 14 Agustus 2013