Ahok Kritisi PKL dari Luar Jakarta yang Suka Buang Sampah Sembarangan

Sumber:detik.com - 25 Juni 2013
Kategori:Sampah Jakarta

Di usianya yang ke-486 tahun, Jakarta masih menjadi bunga yang menggoda lebah pendatang untuk mencicipi madu kehidupan yang manis. Mayoritas pedagang kaki lima (PKL) yang mencari rezeki di Ibukota bukanlah warga asli Jakarta.

Gambaran itu muncul dari evaluasi Jakarta Nite Festival yang dikemukakan Wagub DKI Ahok. Dari semua PKL yang membuka lapak di daerah Monas dan sekitarnya, lebih dari setengahnya bukan orang Jakarta.

"PKL hampir 70 persen bukan orang Jakarta," ujarnya di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (25/6/2013).

Ahok ingin PKL yang membuka lapak di festival tahun depan lebih tertib. Sebab, 95 persen PKL dalam gelaran tahun ini banyak tidak bertanggung jawab dengan sampah yang mereka hasilkan.

"Nah kita tentu harus mengajari dia adat juga. Loe kalau mau ke Jakarta kalau bertamu ke rumah orang jangan membuang sampah sembarangan gitu lho," tutur Ahok.

Salah satu aturan adalah memberikan tanda khusus bagi PKL yang berjualan di arena festival. Ahok membantah aturan ini dibuat sengaja tidak mengakomodasi pedagang yang berasal dari luar Jakarta.

"Kita tidak apa-apa PKL di luar, nggak apa-apa namanya juga pesta rakyat kan, tapi misal kamu dari luar dan datang dari luar nggak mau buang sampah lagi ini kan kurang ajar," katanya.



Post Date : 26 Juni 2013