Air Bersih Bukan Jadi Masalah di Sikka, Demokrat Kecam Pemerintah

Sumber:flobamora.net - 22 November 2014
Kategori:Air Minum
Fraksi Partai Demokrat di DPRD Kabupaten Sikka mengecam pemerintahan setempat karena tidak menjadikan air bersih sebagai sebuah masalah di daerah itu.

Padahal fakta menunjukkan hampir seluruh masyarakat di Kabupaten Sikka, baik di kota maupun di desa-desa, mengeluhkan ketersediaan air bersih.

“Fraksi kami mempertanyakan mengapa air bersih dari sisi akses, distribusi, manajemen dan pengorganisasian, tidak termasuk dalam salah satu dari 24 masalah yang tertuang pada dokumen RPJMD Sikka? Termasuk juga tidak menjadi salah satu isu strategis,” seru Ketua Fraksi Partai Demokrat Agustinus Romualdus Heny saat menyampaikan Pemandangan Umum Fraksi Partai Demokrat terhadap Nota Keuangan dan RAPBD TA 2015, di Gedung DPRD, Sabtu (22/11).

Menurutnya, air bersih adalah masalah strategis karena masalah ini dirasakan oleh hampir seluruh masyarakat. Karena itu sektor ini harus menjadi program prioritas, di mana program yang penerima manfaatnya adalah seluruh rakyat Kabupaten Sikka.

Dia berpendapat, masalah air bersih di Kota Maumere, terkait soal manajemen. Sementara yang terungkap dari desa-desa yakni masalah akses terhadap air bersih berikut pengorganisasian serta manajemen pengelolaan srana prasarananya.

“Hampir seluruh progam Pamsimas tidak sampai pada pemanfaatan air bersih, tapi hanya selesai di infrastruktur jaringannya saja. Hal ini didukung dengan hasil Sinode I Keuskupan Maumere yang diproses mulai dari tingkat komunitas umat basis dan menghasilkan masalah air bersih sebagai masalah utama di bidang ekonomi,” tasmbah Heny Doing.



Post Date : 24 November 2014