Atasi Sampah, Pemkot Kerja Sama dengan Jepang

Sumber:inilahkoran.com - 30 April 2014
Kategori:Sampah Luar Jakarta

Pemkot Bandung menjajaki kerja sama dengan Pemprov Hirosima Jepang dalam menangani masalah lingkungan, terutama sampah.
Tetapi jenis teknologi pengolahan sampah belum ditetapkan karena baru tahap pembicaraan awal.

"Pemprov Hirosima menawarkan kerja sama penanganan masalah lingkungan dengan kita, terutama pengelolaan sampah. Mereka menawarkan teknologinya," ujar Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial usai pertemuan dengan perwakilan Pemprov Hirosima di Plaza Balai Kota Jalan Wastukancana Kota Bandung, Rabu (30/4/2014).

Oded menyambut baik tawaran Pemprov Hiroshima Jepang karena terbukti berhasil mengatasi masalah sampah. Dalam waktu dekat akan ditindaklanjuti tawaran tersebut dengan pertemuan lanjutan.

"Pihak Jepang akan membantu meningkatkan kemampuan sumber daya manusia Kota Bandung dengan berbagai pelatihan. Tujuannya meningkatkan capacity building atau transfer ilmu. Kita akan diajak melihat teknologi pengelolaan sampah di sana (Jepang)," ungkapnya.

Kepala Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BPLH) Kota Bandung Erc M Atthauriq menyatakan, Pemprov Hirosima sedang mengembangkan teknologi pengelolaan sampah dan pengelolaan limbah, baik padat dan cair. Teknologi tersebut akan ditularkan ke kota-kota lainnya di luar Jepang.

"Sebenarnya pada tahun 1960-1970, kondisi Jepang tidak jauh berbeda dengan negara berkembang seperti kita sekarang. Mereka ingin membagi keberhasilannya ke negara-negara lain," tandasnya.

Eric menuturkan, payung hukum kerja sama telah tercantum dalam Memorandum of Understanding (MoU) melalui Kementerian Lingkungan Hidup Indonesia dan Kementerian Lingkungan Hidup Jepang. Paling pokok tercantum dalam Rancangan Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) dan Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).


Post Date : 02 Mei 2014