Di Sukapura, Ibu-ibu Olah Sampah Jadi Duit

Sumber:poskotanews.com - 1 Mei 2014
Kategori:Sampah Luar Jakarta
Banyak cara dilakukan masyarakat untuk mengelolah sampah menjadi barang bermanfaat dan dapat menghasilkan uang . Seperti yang dilakukan oleh ibu-ibu PKK dari Kelurahan Sukapura, Cilincing, Jakarta Utara.

Kader PKK justru memanfaatkan sampah plastik menjadi kembang yang dikemas dengan pas bunga. Setelah dirangkai sampah ini disulap menjadi nilai yang berharga.

Herliani 52, Ketua PKK RW 6 Kel Sukapura, Cilincing, Jakarta Utara sekaligus pelopor daur ulang sampah menjelaskan, sampah yang dibikin menjadi barang berharga ini berasal dari sampah rumah tangga. “Awalnya saya melihat begitu banyaknya plastik-plastik yang terbuang begitu saja. Lalu saya berfikir untuk memanfaatkan lalu tercetus ide membuat pas bungga. Hasilnya Alhamdulillah banyak masyarakat lingkungan yang pesan dan membeli,”katanya.

Meski begitu pemasaran hasil produksi ibu-ibu PKK Kelurahan Sukapura ini masih bersifat di lingkungan masyarakat. Untuk mendongkrak agar dikenal masyarakat, pihaknya sering menampilkan dalam pameran bunga di Monas dan Lapangan Banteng serta menjadi produk unggulan hasil karya PKK di Kel Sukapura.

Sementara itu Linda Muhammad Andri, Ketua PKK Kel Sukapura, mengaku dirinya sangat bangga atas upaya dan inovasi kadernya yang membuat karya dari olahan sampah daur ulang hingga bisa menjadi nilai ekonomi. “Daur ulang sampah plastik jadi pas bunga ini menjadi salah satu produk unggulan PKK Sukapura dalam lomba PKK tingkat Kota Jakarta Utara tahun 2014,”katanya.

Dia juga meminta ini harus terus di kembangkan agar kedepan masyarakat luas akan mengetahuinya. (Wandi)



Post Date : 02 Mei 2014