Jero Wacik Ajak Jokowi Ubah Sampah Jadi Peluang

Sumber:kompas.com - 5 September 2013
Kategori:Sampah Jakarta

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik membocorkan rencana kerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta soal pembangkit listrik tenaga sampah (PLTS) di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bantar Gebang, Kota Bekasi, Jawa Barat.

"Ini sedikit bocoran saja, di Jakarta itu 50 ton sampah setiap harinya. Tadinya itu persoalan, tapi kita akan ubah jadi peluang," ujar Jero saat penandatanganan nota kesepahaman konversi BBM ke BBG di Jakarta, Kamis (5/9/2013).

Jero enggan membeberkan lebih lanjut soal rencana tersebut. Namun, Jero memastikan rencana itu telah melalui penandatanganan nota kesepahaman dengan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo beberapa waktu yang lalu.

"Kita sudah komunikasi dengan Gubernur, bulan depan kita groundbreaking, pembangkit listrik tenaga sampah di Pulogebang (Cakung, Jakarta Timur)," lanjut Jero Wacik.

Dalam kesempatan yang sama, Jokowi membenarkan telah melaksanakan kerja sama antara Pemprov DKI, dalam hal ini Dinas Kebersihan DKI dengan Kementerian ESDM. Namun, Jokowi juga enggan membeberkan rencana itu lebih lanjut. "Ini baru proses awal, wong masih kalkulasi, penghitungan. Jangan ditanyakan dulu," tambahnya.  

 



Post Date : 06 September 2013