294 Desa bakal Digelontor Anggaran Bank Sampah

Sumber:timlo.net - 24 Agustus 2014
Kategori:Sampah Luar Jakarta

Kantor Lingkungan Hidup (LH) Wonogiri berencana membangun 294 bank sampah di seluruh desa di Kabupaten Wonogiri. Hal ini dilakukan menyusul delapan kelurahan serta desa sudah digiatkan program bank sampah dan menuai hasil positif.

“Ke depannya sampah tidak lagi menjadi urusan pemerintah daerah, tetapi menjadi milik keluarga dan masyarakat yang tinggal di kelompok terkecil masyarakat, utamanya rukun tetangga (RT). Hal itu menjadi obesesi Kantor Lingkungan Hidup Wonogiri dalam menanggulangi dampak sampah nonorganik dan organik yang saat ini kian besar volumenya,” terang Kepala LH Wonogiri Sri Wahyu Widayato melalui stafnya Broto Susilo, Minggu (24/8).

Kantor Lingkungan Hidup Wonogiri baru-baru ini menggelar sosialisasi penanganan sampah bagi setiap desa maupun kelurahan di Kabupaten Wonogiri sebagai proyek rintisan. Sejumlah bank sampah di Kabupaten Wonogiri sudah dapat berjalan dengan baik, terbukti di delapan lokasi kelurahan dan desa sudah terbangun model bank sampah, sekaligus memiliki kegiatan maju dan tepat sasaran.

“Atas dasar inilah, Kantor Lingkungan Hidup Wonogiri berobsesi membangun dan menyiapkan infrastruktur anggaran di 294 wilayah desa dan kelurahan yang ada di Kabupaten Wonogiri dengan total anggaran diperkirakan mencapai Rp 2,94 miliar. Kami punya harapan terwujudnya lingkungan sehat dan bersih, sekaligus mandiri dalam penanganan sampah,” katanya.



Post Date : 25 Agustus 2014