Peringati Hari Air Sedunia, Ibu-ibu Bersihkan Kali Ciliwung

Sumber:kompas.com - 21 Maret 2013
Kategori:Air Minum
Untuk memperingati Hari Air Sedunia yang jatuh pada tanggal 22 Maret, sejumlah ibu rumah tangga yang tergabung dalam komunitas Ibu Bercahaya, bergotong-royong membersihkan sampah di Kali Ciliwung.

Dengan menggunakan sebuah perahu karet, sekitar pukul 10.00 WIB, ibu-ibu dengan dibantu oleh tim dari PMI, menyusuri Kali Ciliwung yang melintasi wilayah Kelurahan Karet, Jakarta Pusat, untuk membersihkan sampah.

Selain itu, sekitar 15 ibu yang tergabung dalam komunitas Ibu Bercahaya ini juga memberi penyuluhan kepada warga yang tinggal di bantaran Kali Ciliwung agar bijak dalam menggunakan air. Sebab, penggunaan air yang paling banyak terdapat pada kegiatan rumah tangga, seperti saat mencuci.

"Kegiatan ini merupakan langkah awal dalam mewujudkan target penghematan satu miliar liter air dalam setahun, selain untuk memperingati Hari Air Sedunia juga tentunya," tutur koordinator Komunitas Ibu Bercahaya, Risyantie Wulansari, Kamis (21/3/2013).

Risyantie mengaku, kegiatan ini tidak hanya karena bertepatan dengan peringatan Hari Air Sedunia, tetapi memang sudah rutin digelar dua bulan sekali.

"Untuk membersihkan kali kami melakukannya dua bulan sekali, sedangkan untuk kegiatan rutinnya, kami membersihkan sampah-sampah yang ada di lingkungan perumahan," kata Risyantie.

Sumber Foto : Kompas.com/ Zico Nurrashid


Post Date : 22 Maret 2013