UBL Resmikan Bank Sampah

Sumber:metrotvnews.com - 23 Agustus 2014
Kategori:Sampah Luar Jakarta
Berawal dari Program Gerakan Kampus Bersih dengan pola 3P (pungut, pilah dan proses), Universitas Budi Luhur membentuk beberapa divisi, yakni bank sampah, pengomposan, dan kerajinan sampah anorganik. Ini didorong kesadaran pentingnya kebersihan dan cinta kepada lingkungan.

"Orang yang berbudi luhur senantiasa menjaga kebersihan lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya sesuai jenisnya organik dan anorganik sebagai wujud tanggung jawab dan cinta kasih terhadap sesama manusia dan kelestarian alam," ujar Ketua BPH Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti Kasih Hanggoro MBA dalam keterangan tertulis yang diterima, Jakarta, Sabtu (23/8). Untuk diketahui, pada 13 Agustus 2014 Bank Sampah Budi Luhur diresmikan.

Bank Sampah Budi Luhur menjalin kesepakatan kerja sama dengan Kecamatan Pesanggarahan, Jakarta Selatan, dan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Jakarta Selatan dalam bentuk pembinaan bank sampah. Sejumlah program kerja yang telah dilakukan Tim Pengurus Bank Sampah Budi Luhur, seperti sosialisasi bank sampah dan pembentukan pengurus pada Mei-Juli, pelatihan pembuatan tas ordik dari bahan sampah anorganik pada 17-18 Juli.

Ke depan, program kegiatan Bank Sampah direncanakan bekerja sama dengan divisi pengomposan untuk melakukan pengelolaan sampah organik menjadi kompos agar pengelolaan sampah di kampus Universitas Budi Luhur dan sekitarnya menjadi lebih ramah lingkungan. Lantas, tim juga bekerja sama dengan divisi kerajinan untuk memberikan pelatihan membuat kerajinan dari sampah anorganik kepada karyawan, dosen, dan mahasiswa serta warga sekitar kampus UBL.

Sri Rahayu, Ketua Bank Sampah menambahkan, “Untuk program kegiatan Bank Sampah selanjutnya,  jadwal penimbangan setiap Jumat pukul 16.00 WIB . Nasabah bank sampah boleh dari karyawan, dosen, mahasiswa, dan warga sekitarnya."


Post Date : 25 Agustus 2014