Draft Strategi Sanitasi Kota (SSK) Tebing Tinggi

Penerbit:Tebing Tinggi: Pemerintah Kota Tebing Tinggi, 2010; 92 hal + tabel + peta
No. Klasifikasi:363.725.981.273 DRA
Kata Kunci:Startegi Sanitasi, Kota Tebing Tinggi, AMPL, PHBS
Lokasi:Perpustakaan Pokja AMPL. Telepon 021-31904113
Kategori:Buku

Strategi  yang ingin diarahkan untuk mencapai sasaran yang diinginkan dalam sektor air limbah yaitu membuat data base dan perencanaan yang diwujudkan dengan master plan pengolahan air limbah, membuat  regulasi yang mengatur  secara tegas dalam pengelolaan limbah oleh pihak industri menengah keatas agar memiliki IPAL, pembangunan IPLT di setiap lingkungan untuk mengiringi pencemaran air tanah maupun air sungai.

Strategi untuk sektor persampahan diawali dengan  membuat master plan pengelolaan persampahan yang memuat pengolahan persampahan dari hulu hingga hilir dengan berbasis kesehatan lingkungan serta peningkatan sarana dan prasarana pengelolaan persampahan dari hulu hingga hilir. Sedangkan untuk sektor drainase lingkungan dengan pembuatan data base yang lengkap dari saluran primer, sekunder, tersier untuk memetakan kondisi eksisting drainase, perawatan terhadap saluran drainase lingkungan yang telah ada agar memberikan fungsi sesuai yang diharapkan, monitoring dan pengawasan yang ketat terhadap pembangunan saluran drainase lingkungan yang baru.

Peningkatan cakupan pelayanan dengan menambah jaringan-jaringan perpipaan yang dapat menjangkau seluruh kota, melakukan pengawasan dan monitoring terhadap titik-titik penyadapan untuk  mengurangi kehilangan air, membuat inovasi-inovasi baru dalam mencari sumber air bersih baru karena sungai padang sumber utama air bersih semakin tercemar akibat limbah-limbah industri maupun masyarakat. Kegiatan ini merupakan salah satu dari strategi air bersih/air minum.

Sementara itu strategi untuk sektor PHBS meliputi melakukan sosialisasi dengan melibatkan kader-kader pemberdayaan masyarakat yang jangkauannya dapat mencapai setiap lingkungan, membuat inovasi-inovasi baru dalam mencari sumber air bersih  baru karena sungai Padang sebagai sumber utama air bersih semakin tercemar akibat limbah-limbah industri maupun masyarakat.

 



Post Date : 02 November 2012