Pengelolaan Air Minum Rumah Tangga: Modul Pelatihan Promosi Pilar 3

Pengarang:Tim Penyusun CD Bethesda
Penerbit:Yogyakarta: UPKM/CD RS Bethesda dan SIMAVI, [s.a]; 15 hal + gambar, 21 cm
No. Klasifikasi:363.61 Tim p
Kata Kunci:Modul, Pelatihan, Promosi Pilar 3, Air Minum, Rumah Tangga, STBM
Lokasi:Perpustakaan Pokja AMPL. Telepon 021-31904113
Kategori:Petunjuk

Pada umumnya rumah tangga di Indonesia sudah memahami dan mempraktekkan pengelolaan air minum secara sederhana yaitu dengan jalan di rebus. Akan tetapi banyak pula yang belum memahami bagaimana menyimpan olahan air minum yang bersih dan sehat. 

Salah satu cara untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat agar memahami dan  mempraktekkan pengelolaan air minum yang baik termasuk dalam penyimpanannya yaitu dengan dilaksanakan pelatihan.  Dalam pelatihan ini kader atau fasilitator memberikan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan peserta sebagai tim kader Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) baik di desa maupun kecamatan dalam melaksanakan promosi perilaku hidup bersih dan sehat di komunitas masing-masing. Supaya kegiatan pelatihan ini dapat mencapai tujuan maka dibuatlah modul pelatihan.

Modul ini menyertakan materi tentang pengelolaan air minum dan makanan rumah tangga yang bersih dan sehat sebagai bagian dari gerakan STBM untuk memutuskan alur rantai penyakit yang ditimbulkan dari kondisi hidup yang tidak sehat dan beresiko penyakit. Dengan demikian diharapkan seluruh anggota keluarga terhindar dari resiko terkena penyakit, sehingga mereka bisa belajar, bekerja dan hidup sehat sehingga kesejahteraan ekonomi keluarga yang lebih baik dapat tercapai.

 



Post Date : 28 Januari 2013