Populasi Meningkat, Indonesia Darurat Air Minum

Sumber:cnnindonesia.com - 20 November 2014
Kategori:Air Minum

Konsumsi air minum secara rutin merupakan salah satu syarat agar tubuh tetap sehat. Tentu tak sembarangan air bisa langsung dikonsumsi. Air minum harus bebas bakteri dan terjamin kebersihannya.

Namun data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan hingga akhir 2013 tingkat ketersediaan air minum layak konsumsi di Indonesia masih berada di angka 67,73 persen.

Malahan menurut Naning Adiwoso, Ketua Green Building Council Indonesia, pada tahun 2020 mendatang air layak minum akan semakin langka. Tak hanya di Indonesia melainkan di dunia.

"Air akan menjadi komoditas yang sangat mahal," ucap Naning dalam diskusi peluncuran produk 3M Water Purifier di Jakarta, Kamis (20/11).

Naning juga mengemukakan hanya 3 persen air bersih di muka bumi yang layak minum. Sementara populasi penduduk dunia saat ini telah mencapai angka 6 miliar jiwa dan terus meningkat tiap tahunnya. Karena itulah pada titik tertentu air menjadi 'barang mewah'.

Air bersih belum tentu layak minum

Ada perbedaan antara air bersih dengan air minum. Tak semua air bersih layak untuk dikonsumsi.

"Syarat utama air bersih layak diminum adalah bebas dari mikroorganisme dan logam," kata Lidya Indriaty Rosa, peneliti dari Balai Besar Laboratorium Kesehatan Jakarta.

Salah satu penyebab menurunnya kualitas air adalah polusi air yang semakin akut. Apalagi di kota besar seperti Jakarta, masyarakat belum sepenuhnya memahami pentingnya air layak minum dan enggan menjaga kebersihan sumber air.

Lidya menjelaskan walaupun air dari sumber alam alami dapat langsung diminum tetapi tidak menutup kemungkinan air tersebut tercemar bakteri E.Coli.

Mendidihkan air bersih hingga 100 derajat celsius disampaikan oleh Lydia dapat membunuh bakteri yang ada, tetapi itu belum cukup. "Kandungan logam dalam air bisa saja masih tersisa dalam air," ucap Lydia.

Untuk itu Lydia menyarankan agar warga, terutama yang tinggal di perkotaan aktif memeriksa tingkat kebersihan air di daerahnya. Bagi warga yang akan menempati rumah baru, dia juga menyarankan supaya mengecek kualitas air terlebih dahulu.



Post Date : 21 November 2014