Warga Pabuaran Buang Sampah di Kali

Sumber:PoskotaNews.com - 6 Maret 2013
Kategori:Sampah Luar Jakarta
Kesadaran masyarakat menjaga kebersihan di  lingkungannya  masih minim. Buktinya, sampah dibuang di Kali Baru, Desa Pabuaran, Kecamatan Bojong Gede.

Keberadaan tumpukan sampah di kali ini buka saja membuat mampet aliran kali itu, tapi juga menebar aroma bau busuk bagi warga sekitar.

Sejumlah warga mengeluhkan tumpukan sampah di kali ini. Salah satunya, Ny. Endah warga RT.002/01, Desa Pabuaran yang mendesak pemkab  segera membuang tumpukan sampah  dan menormlisasikan kali ini karena mengalami pendangkalan.

“Tumpukan sampah itu nyangkut di pintu jembatan. Sehingga jika hujan, airnya meluap, selaian akibat tumpukan sampah juga kali sudah mengalami pendangkalan,,” katanya.

Dia mengatakan, warga sekitar sudah berulangkali membersihkan  tumpukan sampah di kali itu secara bergotong royong. “Tapi besok  atau lusanya muncul lagi. Bukan warga kami yang membuang sampah itu. Tapi kami yang terkena imbas bau busuknya,” katanya.

Kepala UPT Kebersihan Wilayah Cibinong, Usep Supriatna mengakui sepanjang  kali ini sudah mirip tempat pembuangan sampah. “Tiga kali seminggu  kita selalu mengangkut sampah dari kali ini. Tapi tak kunjung bersih. Ini membuktikan kesadaran masyarakat membuang sampah di kali masih minim,” katanya.

Sedangkan Camat Bojong Gede Enday Zarkasyi mengaku telah mengusulkan ke Pemkab Bogor  untuk menormalisasi kali tersebut, namun rencananya akan direalisasikan tahun depan.

“Sepanjang kali ini sudah mengalami pendangkalan dan warga sekitar kerap kebanjiran jika hujan  lebih dari tiga jam,” katanya seraya menolak menyebutkan siapa yang membuang sampah di kali tersebut, sebab bisa sampah itu dibuang dari hulunya.


Post Date : 07 Maret 2013