PDAM Purwakarta Bantu Warga Yang Kekeringan

Sumber:poskotanews.com - 9 Sept 2014
Kategori:Air Minum

Sepekan mengonsumsi air dari kubangan ternak unggas karena kesulitan air bersih akibat kemarau, masyarakat Kp Cicariu Wetan,Desa Batu Tumpang, Kec Tegalwaru, Kab Purwakarta akhirnya memperoleh bantuan air bersih dari PDAM Purwakarta, Selasa (9/9).

Empat tangki air bersih PDAM Purwakarta berisi 20000 liter  dikerahkan ke Kp Cicariu,langsung diserbu warga. “Alhamdulilah,akhirnya bantuan air bersih ini tiba ke Cicariu,” ucap Ai Sopiah, satu IRT yang ikut mengantri untuk memperoleh air bersih.

Diakuinya, kemarau mengakibatkan sumur sumur milik warga dan sungai disekitar Cicariu mengering. Satu satunya tempat yang masih menyisakan air yakni tempat kubangan hewan ternak. “Kami terpaksa mengonsumsi air dari kubangan ternak untuk kebutuhan MCK,” ungkapnya.

Sedangkan untuk kebutuhan minum dan memasak, sebut Sopiah, warga harus membelinya dari penjual air keliling seharga Rp 5000/jerigen. Kondisi ini memberatkan masyarakat. “Kalau kemarau ini berlangsung panjang, kami harus merogoh kocek tiap hari untuk membeli air minum,”katanya.

Untuk itu, Sopiah berharap, bantuan air bersih dari Pemkab Purwakarta yang mengerahkan armada air bersih PDAM ke Cicarau berlangsung selama kemarau.

Dirut PDAM Purwakarta H Dadang Saputra mengatakan,sudah menjadi kewajiban lembaganya membantu masyarakat yang mengalami kesulitan air bersih.

“Selama musim kemarau ini setiap hari disiapkan 4 tangki air untuk melayani masyarakat kesulitan air bersih di Purwakarta. Air bersih ini disalurkan secara gratis. Ini sesuai keinginan Pak Bupati melayani secara prima warga yang kesulitan air bersih,” jelasnya.



Post Date : 10 September 2014