Masyarakat Lubuk Linggau Krisis Air Bersih

Sumber:metrotvnews.com - 30 Desember 2013
Kategori:Air Minum

Selama bertahun-tahun masyarakat Siringagung, Lubuk Linggau, Sumatra Selatan, harus menggunakan air sungai untuk kebutuhan sehari-hari, baik untuk keperluan memasak, hingga untuk keperluan mandi, cuci, dan kakus.

Menurut salah seorang tokoh setempat, Herman Sawiran, sejak lama warga Lubuk Linggau bergantung pada air dari Sungai Kelingi untuk keperluan sehari-hari.

"Pola hidup seperti ini sudah berjalan sejak nenek moyang, namun belum adaalternatif pemerintah daerah mengatasinya dengan penyediaan air bersih serta kakus umum," ujarnya, Senin (30/12).

Ia berujar Sungai Kelingi saat ini sudah tercemar akibat hulu sungai yang melewati Kota Lubuk Linggau dan perumahan warga.

Kondisi serupa juga dikeluhkan warga. Naila, warga Kelurahan Siringagung mengaku, setiap hari dirinya menggunakan air Sungai Kelingi, karena tidak memiliki sumur gali atau jaringan air bersih untuk bisa beralih dari ketergantungan air Sungai Kelingi.

"Kalau ada sarana air bersih warga akan merubah kebiasaan mandi di sungai, karena sungai mulai tercemar," tuturnya.

Menjawab persoalan yang membelit masyarakatnya, Ketua DPRD lubuk Linggau Hasbi Asadiki berharap, instansi terkait seperti Dinas Pekerjaan Umum bisa membangun sanitasi untuk MCK masyarakat.

"Dinas PU sifatnya hanya mendirikan bangunan MCK-nya saja, sedangkan untuk ketersediaan air bersih bisa kita peroleh dari Bukit Sulap Lubuklinggau," katanya.



Post Date : 30 Desember 2013