EMP Gelam Bangun Bank Sampah

Sumber:jambiekspres.co.id - 24 April 2014
Kategori:Sampah Luar Jakarta

Perusahaan minyak dan gas bumi (migas), TAC Pertamina EP-EMP Gelam melakukan inisiasi program pengelolaan sampah di lingkungan masyarakat di sekitar wilayah operasi, di Kecamatan Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi. Itikad itu dikuatkan dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara EMP Gelam dan Bank Sampah Barokah Bersama (BSBB), Rabu (23/4).


“MoU ini dimaksudkan untuk menjalin kerja sama peningkatan pengelolaan dan kesadaran warga terhadap kebersihan lingkungan,” tutur General Manager (GM) PT EMP Gelam, Eppy Gustiawan, dalam sambutannya di sela-sela kunjungan manajemen di SDN 95 Talang Kerinci, Rabu (23/4) pagi.


Eppy Gustiawan menambahkan, kepedulian terhadap lingkungan sebaiknya juga mulai dipupuk sejak usia dini di bangku sekolah dasar. Sehingga, kesadaran terhadap kebersihan lingkungan semakin kuat dan menjadi budaya yang positif di masyarakat.


“Karena itulah penandatanganan ini dilakukan di SD, sebagai langkah simbolis untuk mengajak kepada para pendidik untuk menanamkan kepedulian siswa terhadap lingkungan sekitarnya,” kata Eppy.


Penandatanganan MoU ini dilakukan secara langsung oleh General Manager PT EMP Gelam Eppy Gustiawan dan Pendiri BSBB H Efrizal, di SDN 95 Talang Kerinci, Kecamatan Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi.


Sementara itu pimpinan sekaligus pendiri BSBB H Efrizal, dalam sambutannya menyatakan terima kasih atas adanya kerja sama tersebut. Pihaknya juga berharap agar program pengelolaan sampah dalam bentuk bank sampah ini juga mendapat dukungan dari pemerintah setempat dan masyarakat secara umum.


“Kita berharap langkah ini menjadi momentum bagi kita untuk mendirikan bank sampah-bank sampah lain di wilayah kita,” katanya.


Kepala Humas Energi Mega Persada (EMP) Heru Hardono, dalam keterangan tertulisnya mengatakan, MoU tersebut antara lain menyebutkan, EMP Gelam dan BSBB akan mengadakan program pengelolaan sampah non-organik. Yakni dengan mendukung program BSBB dalam mengelola kebersihan lingkungan melalui pendirian bank sampah.


Selain itu, lanjut Heru, kedua belah pihak akan membuat program pelatihan manajemen bank sampah bagi masyarakat di sekitar wilayah operasi EMP Gelam. Dengan harapan, agar pendirian bank sampah di lingkungan warga di sekitar wilayah operasi dapat terealisasi dengan baik.


“Kita berharap, melalui kerja sama pengelolaan bank sampah ini dapat menggerakkan masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan sekitarnya,” pungkas Heru. 

Post Date : 24 April 2014