Jakarnaval 2013 Menyisakan 30 Ton Sampah

Sumber:inilah.com - 1 Juli 2013
Kategori:Sampah Jakarta

Berdasarkan data Dinas Kebersihan DKI Jakarta, volume sampah tersebut diangkut di sepanjang rute Jakarnaval, Jalan Medan Merdeka Selatan (depan Balai Kota) hingga Bunderan Hotel Indonesia (HI).

Untuk membersihkan sampah di sepanjang rute Jakarnaval, Dinas Kebersihan DKI mengerahkan 120 personel kebersihan dengan 20 gerobak motor, dua kijang bak terbuka dan lima truk sampah.

Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta Unu Nurdin mengatakan pihaknya berupaya keras untuk membersihkan sampah-sampah di jalan serta pedestrian usai pelaksanaan. Ia juga mengatakan, nampaknya pedagang kaki lima sudah mulai tertib dalam membuang sampah pada Jakarnaval kemarin.

"Volume sampah yang kami angkut relatif sedikit. Tampaknya pedagang kaki lima (PKL) sudah mulai tertib untuk menampung sampahnya sendiri," katanya di Jakarta, Senin (1/7/2013).

Unu menegaskan seluruh personel kebersihan dibawah koordinir Dinas Kebersihan siap mendukung setiap event yang diadakan oleh Pemprov DKI Jakarta.

"Kami mensupport berbagai event yang diadakan di Ibu Kota, meskipun melelahkan kita berharap Jakarta bersih dan tersenyum karena dijaga bersih," jelasnya.

Karena itu dirinya berharap masyarakat ikut peduli terhadap masalah penanganan sampah dengan membuang sampah pada tempatnya dan sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Warga diimbau ikut menegur orang yang membuang sampah sembarangan dan mulai memilah sampah sendiri. Khusus PKL, dapat berjualan dengan tertib di lokasi yang resmi dan bisa menjaga kebersihan disekitarnya.

"Terakhir para pengusaha diberik kesempatan untuk ikut mengelola sampah daerah kawasannya," tandasnya.

Sebelumnya, di atas panggung Jakarnaval Jokowi berpesan tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kerapihan Kota Jakarta. "Saya titip pada Malam Muda Mudi, Jakarta Nite Festival, tolong, pertama, jangan buang sampah sembarangan," katanya.

 



Post Date : 02 Juli 2013