Buku Panduan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility-CSR): Sebuah Potensi Alternatif Sumber Pendanaan Sanitasi

Pengarang:Asep Winara, dkk
Penerbit:Jakarta, Tim Teknis Pembangunan Sanitasi (TPPS), 2010, viii + 18 hal
Tahun Terbit:Th. 2010
No. Klasifikasi:361.706.81 Moe b
Kata Kunci:petunjuk, panduan, CSR, sumber pendanaan sanitasi
Lokasi:Perpustakaan AMPL, Telp. 021-31904113, Perpustakaan ISSDP, Dit. Perkim
Kategori:Petunjuk

Pembangunan sektor sanitasi dihadapkan pada adanya kenyataan akan terbatasnya kemampuan pendanaan pemerintah, baik di tingkat pusat maupun daerah, sehingga pembangunan sanitasi akan sulit dilaksanakan bila hanya mengandalkan dana publik semata. Dalam kondisi seperti ini, maka diperlukan upaya penggalian alternatif pembiayaan pembangunan sanitasi di luar pendanaan pemerintah. Salah satu alternatif sumber pendanaan sanitasi yang cukup potensial adalah program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility, CSR) yang diselenggarakan oleh badan usaha (korporasi).
       
Berdasarkan pengalaman Tim Teknis Pembangunan Sanitasi (TTPS) dalam menyelenggarakan Program Pembangunan Sektor Sanitasi (Indonesia Sanitation Sector Development Program, ISSDP), dijumpai bahwa pemahaman para anggota Kelompok Kerja (Pokja) Sanitasi Kota di kota-kota peserta ISSDP terhadap program CSR masih relatif terbatas.
       
TTPS menyediakan berbagai dukungan terhadap upaya pembangunan sanitasi secara menyeluruh. Salah satu bentuk dukungan tersebut adalah penerbitan buku panduan (Guidance Notes) mengenai tata cara pendekatan dalam rangka menjalin kerjasama dengan pihak penyelenggara program CSR untuk pembangunan sanitasi. Melalui Guidance Notes ini diharapkan adanya kejelasan bagi kota-kota yang telah menyiapkan berbagai program pengembangan sanitasi mengenai tata cara mengakses dan pemanfaatan sumber pendanaan dari program CSR. Selanjutnya Pokja Sanitasi Kota diharapkan bisa menyusun rencana yang komprehensif berikut implementasinya mengenai langkah-langkah untuk merintis dan membangun kerjasama dengan penyelenggara program CSR tersebut.

Daftar Isi:

Pengantar
Daftar Singkatan

1.    Pendahuluan

2.    Pemahaman terhadap CSR dan Upaya Mengakses Dana CSR

3.    Alokasi Dana CSR untuk Sanitasi
3.1    Mungkinkah Sanitasi Mendapat Alokasi Dana CSR
3.2    Bagaimana Cara Mendapatkan Alokasi Dana CSR

4.    Mekanisme Implementasi Proyek yang Didanai CSR

5.    Kesimpulan dan Saran
5.1    Kesimpulan
5.2    Saran

Daftar Gambar
Gambar 1. Langkah Pendahuluan untuk Mengakses Dana CSR
Gambar 2. Langkah Pendekatan kepada Perusahaan Penyelenggara CSR
Gambar 3. Tahap Menjalin Komunikasi Intensif dengan Perusahaan
Gambar 4. Tahap Implementasi Mengakses Dana CSR
Gambar 5. Tahap Implementasi Program CSR

Colopohon



Post Date : 16 Juni 2010