Sanitasi Terkendala Anggaran

Sumber:koran-sindo.com - 20 Juni 2013
Kategori:Sanitasi

Program Percepatan Pengembangan Sanitasi Permukiman (PPSP) di Kota Yogyakarta belum berhasil. Salah satu penyebabnya adalah pembuatan sambungan limbah rumah atau instalasi pembuangan air limbah (IPAL) yang tersendat. 

Kabid Permukiman dan Saluran Air Hendro Tantular mengatakan, kendala terbesar ada pada pendanaan. “Masalah sanitasi ini berbeda dengan pendidikan, kalau pendidikan sudah jelas besarnya anggaran 20% dari APBD. Akan tetapi untuk sanitasi ini tidak,” kata Hendro kemarin. Dia mengaku pada tahun lalu ada peningkatan anggaran. Namun di tahun ini anggaran justru menurun. 

Hanya pihaknya memahami ada hal lain yang juga membutuhkan anggaran. Hendro meminta komitmen agar ke depan anggaran untuk sanitasi tidak nanggung. Dilihat dari warga yang membayar retribusi hingga 2013, baru ada 12.800 sambungan limbah rumah atau sekitar 12% dari jumlah penduduk. Padahal Kota Yogyakarta mendapatkan jatah sebanyak 5.000 sambungan. 

Hendro menargetkan pada 2015 mendatang bisa mengejar ketertinggalan. Dana yang diberikan dari pusat untuk satu sambungan, sebesar Rp4 juta. Dengan demikian, untuk 1.000 sambungan yang harus diselesaikan tiap tahunnya dibutuhkan dana Rp4 miliar. Padahal biaya pemeliharaannya Rp3,3 miliar. Di Kota Yogyakarta ada beberapa titik yang didanai oleh pusat, yaitu sepanjang Jalan Kenari dan Jalan Babaran. 

Sedangkan masalah banjir yang sering timbul di Sungai Delik akan dipecah ke sungai-sungai lain, misalnya Code dan Wirogunan. Ketua Komisi C DPRD Kota Yogyakarta, Zhuhrif Hudaya mengatakan, pemkot perlu membuat road map. “Kalau saya lihat SKPD (satuan kerja perangkat daerah) masih berjalan sendiri-sendiri untuk mengatasi masalah sanitasi. Saya rasa perlu dibuat road map agar bisa dilihat tugas dari masing-masing SKPD,” kata Zhuhrif. 

Sementara itu, terkait IPAL yang terpusat di Sewon berkapasitas 25.000 m3 dan Kota Yogyakarta mendapat jatah 5.000 m3. Sayangnya, yang sudah dimanfaatkan baru sedikit.



Post Date : 20 Juni 2013